Let’s travel together.

Daftar Makanan dan Minuman Pencegah Kehamilan

0 1

Daftar Makanan dan Minuman Pencegah KehamilanInformasi mengenai makanan pencegah kehamilan penting diketahui terutama bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan. Hal ini dikarenakan faktor makanan juga berpengaruh terhadap kesuburan dan daya tahan sel sperma di saluran indung telur. Jadi bagi Anda yang ingin cepat hamil maka sebaiknya menghindari makanan yang dapat mencegah kehamilan. Sebaliknya, bagi Anda yang belum ingin memiliki momongan maka dapat mengkonsumsinya untuk membantu agar proses pembuahan tidak terjadi. Namun hal ini tentunya bukan satu-satunya cara untuk mencegah kehamilan, ada berbagai cara yang dapat Anda kombinasikan.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada pasangan yang ingin cepat-cepat punya momongan, tetapi ada pula pasangan yang pada suatu waktu tidak menginginkannya. Pasangan yang tidak menginginkan punya anak ini ada berbagai sebabnya, antara lain yaitu karena sudah mempunyai banyak anak, masih mempunyai anak yang usianya kecil-kecil, atau memang sengaja belum menginginkan anak karena berbagai alasan pribadi. Sementara disisi lain, banyak pasangan yang ingin segera memiliki momongan namun belum juga mendapatkannya. Disamping melakukan usaha yang sudah Anda lakukan, penting juga diperhatikan tentang faktor makanan yang Anda makan.

Berbagai Makanan Pencegah Kehamilan yang Perlu Diketahui untuk Perencanaan Kehamilan

Ada berbagai cara untuk mencegah kehamilan. Cara tersebut antara lain yaitu dengan tidak melakukan hubungan intim, berhubungan tanpa penetrasi, menggunakan sistem kalender, menggunakan alat kontrasepsi, maupun melakukan sterilisasi. Selain cara tersebut, ada juga makanan yang dipercaya mempunyai efek dapat mencegah atau menurunkan peluang kehamilan. Berbagai makanan pencegah kehamilan antara lain sebagai berikut:

1. Pepaya muda

Buah pepaya jika dalam keadaan matang justru dianjurkan untuk dikonsumsi karena menyehatkan mata dan pencernaan. Namun jika masih muda, ternyata merupakan salah satu jenis makanan pencegah kehamilan. Hal ini dikarenakan pada pepaya muda masih terdapat banyak getah yang mengandung zat papain. Buah ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita yang sedang menginginkan kehamilan atau pada wanita yang sedang hamil trimester pertama karena dapat merangsang kontraksi rahim sehingga dapat menyebabkan keguguran.

2. Nanas

Buah nanas juga termasuk makanan pencegah kehamilan karena mengandung zat yang bernama bromelain. Buah ini tidak dianjurkan dikonsumsi bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan dan juga tidak disarankan dikonsumsi pada kehamilan muda karena dapat melunakkan leher rahim. Leher rahim yang lunak dapat berpotensi menyebabkan bayi lahir prematur.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda atau yang sering disebut soft drink juga dapat mempunyai efek menurunkan potensi kehamilan. Zat-zat yang terkandung dalam minuman bersoda dipercaya dapat menurunkan kesuburan dan dapat menyebabkan kelahiran prematur. Minuman bersoda memiliki sifat keasaman yang tinggi dan mengandung zat yang tidak baik untuk proses kehamilan seperti  kafein, CO2, pemanis buatan, pewarna buatan,bahan pengawet, sodium benzoat dan asam fosfat. Minuman ini jika terlalu banyak dikonsumsi juga dapat memicu kenaikan berat badan dan kurang baik untuk organ ginjal.

4. Makanan/ minuman beralkohol

Semua jenis makanan atau minuman yang mengandung alkohol tidak baik dikonsumsi untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Minuman keras atau minuman beralkohol dapat berefek menurunkan kesuburan dan mengganggu perkembangan janin. Selain jenis minuman, ada beberapa jenis makanan yang juga memiliki kandungan alkohol meskipun relatif rendah, seperti tape dan durian. Walaupun memiliki kandungan alkohol yang relatif rendah namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tentunya juga kurang baik untuk proses kehamilan.

5. Daging setengah matang

Makanan pencegah kehamilan yang selanjutnya yaitu daging setengah matang. Hal ini dikarenakan pada daging setengah matang dimungkinkan terdapat bakteri toksoplasma dan listeria yang dapat mengganggu proses kehamilan. Makanan ini juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena kontaminasi bakteri tersebut dapat menyebabkan keguguran dan juga bayi lahir cacat. Daging setengah matang biasanya sering didapatkan pada jenis makanan yang dibakar seperti sate atau ayam bakar maupun jenis makanan Jepang (sushi).

6. Kunyit

Dalam hal ini kunyit dapat digunakan sebagai makanan pencegah kehamilan dengan megolahnya menjadi ramuan. Ramuan ini dapat digunakan untuk wanita yang sedang tidak menginginkan kehamilan. Cara membuatnya yaitu siapkan 2 jari kunyit, cuci sampai bersih, lalu panggang di api yang kecil namun jangan sampai hangus. Kemudian tumbuk kunyit sampai halus dan tambahkan ¼ sendok teh garam dapur. Seduh dengan 1 gelas air panas, biarkan dingin dulu lalu diminum secara teratur untuk menghentikan kehamilan.

7. Daun sirih

Makanan pencegah kehamilan juga dapat dibuat dari bahan sirih. Selain menyiapkan sekitar 3 lembar daun sirih, Anda juga perlu meyiapkan bahan 1 ruas kencur, 1 ruas kunyit, 2 lembar daun kunci, dan 1 sendok makan air kapur sirih. Cara membuat ramuannya yaitu masukkan semua bahan pada panci berisi 2 gelas air dan masak sampai mendidih. Setelah itu disaring untuk diambl airnya dan diminum secara teratur.

8. Ragi

Ragi juga merupakan jenis makanan pencegah kehamilan karena mengandung alkohol. Sehingga dari bahan ragi dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Tentunya hal ini dipakai untuk wanita yang memang tidak menginginkan kehamilan misalnya sudah mempunyai banyak anak. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan ¼ bulatan ragi tape, air cuka 3 tetes, dan merica yang sudah dihaluskan 1 sendok teh. Masukkan semua bahan pada 1 gelas air panas, diaduk sampai merata, tunggu sampai dingin, lalu diminum secara teratur.

Makanan pencegah kehamilan yang disebutkan di atas sebaiknya dihindari oleh wanita yang sedang menginginkan kehamilan. Namun bukan berarti wanita yang tidak menginginkan kehamilan boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Misalnya saja seperti makanan atau minuman yang mengandung alkohol, sebab dapat membahayakan kesehatan. Penggunaan alat kontrasepsi merupakan cara yang cukup ampuh untuk mencegah kehamilan. Anda dapat memilih berbagai alat kontrasepsi yang sesuai bagi Anda maupun pasangan, antara lain yaitu kondom, pil KB, susuk/implan, KB suntik, spiral/ IUD.

Untuk pencegah kehamilan secara lebih permanen, Anda dapat memilih metode sterilisasi, yaitu dengan cara tubektomi (pada wanita) dan vasektomi (pada pria). Sementara itu, bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan maka harus memperhatikan berbagai faktor. Faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya kehamilan antara lain yaitu organ reproduksi yang sehat, tidak ada sumbatan pada saluran telur, Berhubungan suami istri pada waktu yang tepat (masa subur), nutrisi yang adekuat, gaya hidup sehat, sperma suami yang berkualitas, serta keharmonisan hubungan suami istri.

Supaya cepat hamil maka disarankan kepada wanita dan pasangannya untuk menerapkan gaya hidup sehat yaitu dengan olah raga secara teratur, mengendalikan berat badan, meningkatkan asupan nutrisi terutama (protein, asam folat, dan vitamin E), menghindari kafein, rokok, dan minuman beralkohol. Selain itu tentunya juga harus melakukan hubungan intim dengan frekuensi yang cukup, berhubungan intim ketika wanita berada pada masa subur, dan menjalin komunikasi yang harmonis dengan pasangan. Jika Anda sudah lama berkeluarga namun belum dikaruniai momongan, maka ada baiknya periksakan ke dokter kandungan untuk mendapatkan solusinya, tentunya dengan selalu diiringi  doa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

8 + 1 =