Let’s travel together.

Cucu Ketiga Jokowi Lahir, Begini Tips Pulih Operasi Caesar

0 0

CuitanDokter.Com – Arikel tentang Cucu Ketiga Jokowi Lahir, Begini Tips Pulih Operasi Caesar tersedia di situs kami , 5 menit waktu anda yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel Cucu Ketiga Jokowi Lahir, Begini Tips Pulih Operasi Caesar , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai Cucu Ketiga Jokowi Lahir, Begini Tips Pulih Operasi Caesar kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

caesar-luka-doktersehat
Photo Source: Flickr/tuxxilla

DokterSehat.Com– Cucu ketiga Presiden Jokowi baru saja lahir. Pasangan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda dianugerahi anak kedua dengan kelamin perempuan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo, pada Jumat 15 November 2019 sore ini.

Cucu Ketiga Jokowi Lahir

Saat jumpa pers yang diadakan di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah, Solo, Jawa Tengah, Gibran menjelaskan kelahiran adik dari Jan Ethes Srinarendra ini.

“Sore ini anak kami yang kedua telah lahir melalui proses operasi caesar yang berjalan dengan lancar. Beratnya 2,92 kg dan panjangnya 46,5 kg. Kelahiran pukul 15.46 WIB,” terang Gibran.

Gibran juga menyebut anak keduanya mirip dengan kakaknya, Jan Ethes.

Presiden Joko Widodo tidak bisa mendampingi menantunya melakukan proses persalinan karena masih melakukan tugasnya. Hanya saja, istrinya, Iriana terlihat sudah ada di rumah sakit sejak Jumat siang.

“Yang jagain Selvi saya, Gibran, dan saudara lainnya. Bapak kan masih kerja,” ungkapnya.

Salah satu dokter yang menangani kelahiran cucu ketiga Jokowi, dr. Soffin Arfian menyebut proses operasi caesar berlangsung sekitar satu jam.

“Prosesnya sekitar satu jam. Saat ini kondisi bayi dan ibunya sehat. Sedang dikondisikan agar bisa menyusui lagi,” terangnya.

Dr. Soffin menyebut proses persalinan harus dilakukan dengan operasi caesar karena hasil pemeriksaan dokter memang mengindikasikan Selvi harus melakukan metode ini demi melahirkan bayi dengan selamat.

Beberapa Tips agar Luka Operasi Caesar Bisa Cepat Sembuh

Banyak orang yang menganggap proses persalinan dengan operasi caesar lebih cepat untuk dilakukan dan tidak menyebabkan sensasi nyeri jika dibandingkan dengan proses persalinan normal, namun dalam realitanya proses persalinan caesar membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. Dalam beberapa kasus, bisa jadi luka akibat operasi caesar tidak bisa sembuh dengan cepat.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan ibu agar luka operasi caesarnya bisa cepat sembuh.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Banyak ibu yang baru melahirkan dengan metode operasi caesar yang takut untuk mengonsumsi makanan seperti telur, daging ayam, atau makanan laut karena menganggapnya bisa membuat luka operasi caesar tak kunjung sembuh. Padahal, hal ini tidaklah benar. Makanan-makanan tersebut justru bisa membantu proses penyembuhan luka operasi caesar lebih cepat karena tinggi kandungan asam amino.

Pakar kesehatan juga menyarankan ibu yang baru melahirkan secara caesar untuk memperbanyak asupan vitamin C, vitamin E, dan protein tinggi.

  1. Merawat Luka Caesar Sebagaimana Saran Dokter

Biasanya, bekas luka operasi caesar ditutup dengan semacam plester kedap air yang bisa bertahan hingga satu minggu. Hanya saja, ibu harus selalu melakukan pemeriksaan pada plester ini setiap seminggu sekali demi menggantinya atau memastikannya berada dalam kondisi yang pas. Selain itu, patuhi saran dokter tentang cara merawat atau membersihkan luka dan plester tersebut demi memastikannya cepat sembuh dan pulih.

  1. Tetap Melakukan Aktivitas dengan Normal

Meskipun di bagian perut memiliki luka, bukan berarti ibu yang baru melahirkan secara caesar tidak melakukan aktivitas dengan normal. Cobalah untuk melakukan aktivitas seperti biasa seperti berjalan kaki demi membantu meningkatkan sirkulasi darah yang bisa membantu proses penyembuhan berjalan dengan lancar.

  1. Banyak Minum Air

Mencukupi kebutuhan air putih bisa membantu proses penyembuhan luka caesar dan memperlancar ASI yang sangat penting bagi kebutuhan bayi.

  1. Memakai Pakaian yang Nyaman

Mengingat di bagian perut masih ada luka, sebaiknya ibu memakai pakaian yang nyaman dan longgar demi mencegah iritasi atau gesekan pada bagian perut yang terluka.

 

Sumber:

  1. Wiyanti, Widiya. 2019. Selvi Lahirkan Cucu Ketiga Jokowi Secara Caesar, Begini Agar Cepat Pulih. detik.com/berita-detikhealth/d-4786137/selvi-lahirkan-cucu-ketiga-jokowi-secara-caesar-begini-agar-cepat-pulih. (Diakses pada 15 November 2019).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/cucu-ketiga-jokowi-lahir/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 5 = 1