Let’s travel together.

Cuci Tangan Pakai Kobokan, Bersih Atau Tidak, Ya?

0

Kebiasaan makan pakai tangan, sangat melekat dengan masyarakat Indonesia. Cara makan ini sangat umum dijumpai di rumah makan lesehan. Untuk membersihkan tangan, biasanya Anda akan diberikan semangkuk kecil berisi air alias kobokan dengan potongan jeruk nipis. Namun, bersihkah cuci tangan pakai air kobokan?

Cuci tangan pakai air kobokan, bersih atau tidak?

Sebagian besar orang berpendapat bahwa makan tanpa sendok dan garpu membuat momen makan jadi lebih lahap. Namun, perlu Anda tahu bahwa tangan sangat mudah terpapar kotoran, baik itu virus, bakteri, atau mikroba lainnya. Jadi, cuci tangan itu wajib dilakukan sebelum Anda makan.

Baik itu warung pinggir jalan atau restoran lesehan, untuk makan dengan tangan biasanya rumah makan akan menyediakan air kobokan.

Fungsinya, memudahkan Anda untuk mencuci tangan sehingga Anda tak perlu lagi repot-repot beranjak dari tempat duduk untuk cuci tangan di wastafel.

Meskipun praktis, apakah cuci tangan pakai air kobokan itu sehat menurut sisi medis?

Jawabannya, tentu saja tidak. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, cuci tangan yang benar adalah menggunakan air yang mengalir. Jadi, cuci tangan dengan air kobokan tidak memenuhi syarat tersebut.

Cuci tangan dilakukan untuk membersihkan tangan dari kotoran dan kuman. Membilas tangan dengan air mengalir tentu akan menyapu kotoran dan kuman yang menempel di tangan.

Sementara cuci tangan dengan kobokan yang airnya menggenang, memungkinkan kuman dan kotoran menempel kembali di tangan. Akibatnya, kuman dan kotoran akan tetap masuk ke dalam tubuh dan membuat Anda sakit.

Tidak hanya itu, cuci tangan pakai air kobokan biasanya digunakan secara berulang, yakni sebelum dan sesudah makan.

Itu artinya, Anda tidak tuntas membersihkan tangan. Anda kembali terpapar kuman yang sama dan sisa minyak masih melekat di tangan.

Selain pakai air mengalir, ini aturan cuci tangan yang benar

cuci tangan setelah dari toilet

Selain kobokan, cara cuci tangan yang setipe dan sering dilakukan adalah memasukkan tangan ke dalam gayung.

Keduanya sama-sama tidak ampuh dalam membersihkan kotoran yang menempel di tangan. Ini berlaku juga ketika Anda mencuci sayuran, buah, atau benda lainnya.

Menggunakan air mengalir dari keran merupakan cara yang paling tepat untuk cuci tangan ketimbang pakai kobokan atau membersihkan tangan dalam wadah berisi air.

Selain air yang mengalir, aturan cuci tangan yang benar tidak hanya sebatas itu saja. Anda perlu menggunakan sabun pembersih untuk mengangkat kotoran sekaligus membunuh bakteri yang mungkin menempel di tangan setelah seharian beraktivitas ke sana kemari.

Gosokkan sabun ke telapak tangan hingga ke sela jari selama kurang lebih 20 detik. Bilaslah tangan Anda dengan air mengalir hingga bersih.

Jangan biarkan sisa sabun masih menempel di tangan karena berisiko membuat kulit jadi iritasi. Setelah itu, keringkan tangan dengan tisu.

Jika Anda ingin tetap sehat makan dengan tangan, hindari cuci tangan pakai kobokan. Jangan malas untuk beranjak dari kursi dan cuci tangan di wastafel agar kebersihan tangan lebih terjamin.

Baca Juga:

  • Keseringan Cuci Tangan Pakai Sabun Antiseptik Bikin Anda Gampang Sakit
  • Pentingnya Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Bercinta
  • Lebih Bersih Cuci Tangan Dengan Air Dingin Atau Air Hangat?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

38 + = 47