Let’s travel together.

Cara Meninggikan Badan secara Alami yang Efektif

0 2

Cara Meninggikan Badan secara Alami yang EfektifSemua orang tentunya ingin memiliki tinggi badan yang ideal, oleh karena itu simaklah artikel tentang cara meninggikan badan secara alami dan efektif berikut ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan memiliki badan yang tinggi maka dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Hal itu dikarenakan tubuh yang tinggi terlihat lebih menarik dan memberikan keuntungan misalnya lebih mudah menjangkau benda-benda yang letaknya tinggi. Terlebih lagi ada beberapa bidang pekerjaan yang mensyaratkan tinggi badan tertentu, misalnya tentara, polisi, pilot, pelaut, pramugari, foto model, dan sebagainya.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan perbedaan tinggi badan antara orang yang satu dengan yang lain. Banyak orang yang mengatakan bahwa faktor genetik atau keturunan yang menentukan. Hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab banyak juga ditemukan anak yang memiliki tubuh yang tinggi padahal kedua orang tuanya bertumbuh pendek. Faktor genetik memang turut berpengaruh terhadap tinggi badan seseorang, namun bukan satu-satunya faktor. Beberapa faktor lain yang berpengaruh terhadap tinggi badan antara lain yaitu asupan nutrisi, aktifitas fisik, faktor hormonal, geografis atau kondisi lingkungan, paparan zat tertentu, kondisi kesehatan, faktor usia, dan sebagainya.

Berbagai Cara Meninggikan Badan yang Bisa Anda Lakukan

Untuk menambah tinggi badan, seringkali orang tergiur untuk menggunakan cara-cara yang instan. Cara tersebut antara lain dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia tertentu. Padahal tidak semua obat-obatan aman dikonsumsi, bahkan seringkali menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan. Oleh karena itu untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal sebaiknya Anda melakukan cara yang alami namun memberikan hasil yang efektif. Berbagai cara meninggikan badan secara alami dan efektif antara lain sebagai berikut:

1. Makan makanan berkalsium tinggi, vitamin D, dan zink

Cara meninggikan badan yang pertama yaitu dengan mencukupi nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang terutama kalsium, vitamin D, dan zink. Makanan yang banyak mengandung kalisium antara lain yaitu susu, keju, yoghurt, bayam, brokoli, kol, kangkung, kacang kedelai, kacang almond, pisang, jeruk, alpukat, dan berbagai jenis ikan laut. Sedangkan makanan yang banyak mengandung vitamin D antara lain yaitu susu, telur, ikan salmon, udang, jamur, kedelai, keju, sereal, dan minyak hati ikan. Vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari di pagi hari antara jam 6 sampai jam 9 pagi.

Makanan yang banyak mengandung zink antara lain tiram, gandum, daging sapi, hati sapi, biji labu kuning, biji wijen, daging domba, coklat hitam, kepiting, dan lobster. Namun selain mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium, vitamin D, dan zink tentunya Anda juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya bagi tubuh agar gizinya seimbang.

2. Cukupi kebutuhan protein

Mencukupi kebutuhan protein juga merupakan cara meninggikan badan yang efektif sebab protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh. Jadi tidak hanya tulangnya saja yang dipacu untuk tumbuh, tetapi kita juga harus memacu pertumbuhan sel-sel dan jaringan otot. Makanan yang banyak mengandung protein antara lain yaitu daging sapi, ayam tanpa kulit, telur, susu, tahu, tempe, jamur, buncis, asparagus, brokoli, buah apel, manggis, blueberi, pisang, dan berbagai jenis ikan laut.

3. Olahraga

Cara meninggikan badan yang sangat penting yaitu dengan melakukan olahraga. Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga yang dapat memacu pertumbuhan tinggi badan. Olahraga tersebut antara lain yaitu renang, basket, voli, bulu tangkis, bersepeda, dan skipping (lompat tali). Anda juga dapat melakukan berbagai gerakan yang merangsang pertumbuhan tulang dan otot. Gerakan tersebut antara lain yaitu vertikal hanging (bergelantung pada tiang atau pohon), melompat, dan sering melatih kelenturan otot-otot kaki. Dengan berolahraga juga dapat melancarkan peredaran seluruh tubuh dan membuat badan selalu bugar.

4. Istirahat yang cukup

Walaupun kelihatannya sepele, namun istirahat yang cukup ternyata juga dapat berperan dalam menambah tinggi badan. Hal ini dikarenakan dengan istirahat dan tidur maka dapat membuat hormon pertumbuhan bekerja lebih optimal. Hormon pertumbuhan atau yang disebut sebagai HGH (Human Growth Hormone) banyak diproduksi ketika seseorang tidur dengan nyenyak. Oleh karena itu bagi anak-anak dan remaja disarankan untuk tidur selama 8-11 jam per hari.

5. Perbaiki posisi tubuh

Posisi tubuh juga turut berpengaruh terhadap pertumbuhan. Posisi tubuh yang dimaksud yaitu membiasakan diri dalam posisi tegak, baik ketika duduk, berdiri, maupun berjalan. Hal ini bertujuan agar tulang Anda dapat tumbuh dengan lurus, tidak membungkuk atau membengkok. Sebab tulang yang membungkuk atau membengkok tentunya akan menghambat pertumbuhan yang seharusnya vertikal/ke atas.

6. Cukupi kebutuhan cairan

Mencukupi kebutuhan cairan juga merupakan salah satu cara meninggikan badan. Hal ini dikarenakan air merupakan zat yang berperan dalam metabolisme tubuh dan memperlancar aliran nutrisi sampai ke sel-sel tubuh yang paling kecil. Air akan membantu penyerapan nutris ke sel dan jaringan tubuh sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal terutama untuk pertumbuhan badan. Oleh karena itu konsumsilah air putih minimal 8 gelas dalam sehari untuk membantu mendapatkan tinggi badan yang ideal.

7. Melakukan gerakan yoga

Anda juga dapat meninggikan badan dengan cara melakukan gerakan yoga secara rutin. Gerakan yoga dapat memacu penambahan tinggi badan karena merupakan olahraga yang didalamnya terdapat gerakan-gerakan yang melatih kelenturan tulang dan otot tubuh dan dilakukan secara perlahan sehingga gerakan tersebut dapat memberikan efek yang lebih optimal. Gerakan yoga juga dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan membuat pikiran serta hati menjadi tenang dan fokus. Hal tersebut juga dapat memacu hormon pertumbuhan bekerja lebih optimal sehingga dapat membantu penambahan tinggi badan.

Disamping melakukan berbagai cara meninggikan badan seperti yang telah disebutkan di atas, hal yang juga penting Anda lakukan adalah mensugesti diri sendiri. Artinya, berikan keyakinan pada diri sendiri bahwa tubuh Anda dapat bertambah tinggi. Walaupun kelihatannya sepele, namun sugesti ini dapat memberikan sinyal ke otak dan dapat mempengaruhi beberapa hormon termasuk hormon pertumbuhan. Tingkat stres yang tinggi juga dapat berpengaruh terhadap terhambatnya pertumbuhan badan. Oleh karena itu selalu ciptakan pikiran yang tenang dan nyaman agar terhindar dari stres.

Manusia pada umumnya memiliki kemampuan untuk tumbuh secara optimal saat usia pubertas. Sejak sekitar usia 12 tahun seseorang akan mengalami pertumbuhan secara pesat sampai sekitar usia 20 tahun. Pada umur 20-25 tahun pertumbuhan masih terjadi namun hanya relatif kecil. Dan pada umur 25 tahun biasanya seseorang akan sulit untuk bertambah tinggi lagi. Oleh karena itu segala cara meninggikan badan sebaiknya dilakukan sedini mungkin sebelum pertumbuhan berhenti. Pada beberapa kasus, ada orang yang sulit mengalami penambahan tinggi badan dikarenakan suatu kelainan hormon tertentu, kekurangan zat tertentu di dalam tubuh, atau karena adanya suatu penyakit. Pada kondisi demikian, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan secara tepat .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

39 + = 44