Cara Membuat Desinfektan Alami untuk Mencegah Virus

CuitanDokter.Com – Arikel tentang Cara Membuat Desinfektan Alami untuk Mencegah Virus tersedia di situs kami , waktu yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel Cara Membuat Desinfektan Alami untuk Mencegah Virus yaitu 5-10 menit , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai Cara Membuat Desinfektan Alami untuk Mencegah Virus kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

Penelitian tentang Coronavirus masih terus dikembangkan, namun Anda dapat mencegahnya dengan sama-sama menjaga kesehatan dan kebersihan, termasuk dengan praktik kebersihan di rumah tangga dan masyarakat. Anda dianjurkan untuk menggunakan desinfektan untuk membunuh virus. Ketahui apa itu desinfektan, cara membuat desinfektan, manfaat desinfektan, dll.

cara-membuat-desinfektan-doktersehat

Apa Itu Desinfektan?

Desinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol untuk membunuh bakteri, virus, kuman, protozoa, dan mikroorganisme berbahaya lainnya pada permukaan benda mati atau ruangan.

Desinfektan umumnya digunakan untuk membersihkan high-touch surface atau benda-benda yang paling sering disentuh banyak orang seperti gagang pintu, meja, tempat tidur, dan kamar mandi.

Desinfektan juga mengandung konsentrasi biosida tinggi agar lebih efektif dalam mencegah timbulnya bakteri dan mikroorganisme di benda mati apapun yang menjadi media paparan infeksi berbahaya bila disentuh atau dihirup manusia.

Manfaat Desinfektan untuk Mencegah Virus

Setiap sudut tempat yang Anda kunjungi atau benda-benda umum yang biasa Anda sentuh mengandung bakteri, virus, dan mikroorganisme.

Bahkan, berdasarkan penelitian terdapat 600.000 bakteri di setiap inci kulit dari sentuhan yang memicu paparan infeksi berbahaya. Walaupun sebagian besar bakteri atau virus mungkin tidak berbahaya, namun terdapat organisme penyebab penyakit yang disebut dengan patogen mematikan yang mungkin dipaparkan melalui benda mati.

Benda-benda mati tersebut dapat menjadi media virus atau bakteri tumbuh dan berkembang, sehingga sangat penting untuk membersihkannya dengan desinfektan yang tepat secara teratur pada permukaan benda pada fasilitas atau tempat yang sering disentuh.

Berdasarkan rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tempat-tempat yang harus dibersihkan dengan desinfektan adalah fasilitas komunitas termasuk sekolah, kampus, tempat penitipan anak, pusat bisnis, dan semua tempat yang dikunjungi masyarakat umum di luar rumah.

Menggunakan desinfektan juga dapat membantu mencegah penyebaran flu, pilek, infeksi, dan penyakit lainnya seperti Coronavirus yang sekarang penyebarannya meluas dan sangat cepat.

Baca Juga: Informasi Lengkap Virus Corona (COVID-19)

Cara Membuat Desinfektan di Rumah

Anda dapat membeli desinfektan yang biasanya termasuk dalam produk kebersihan rumah tangga yang mendapat lisensi dari Environmental Protection Agency (EPA). Desinfektan yang direkomendasikan adalah cairan pembersih yang dibuat dengan kandungan alkohol 70%.

Anda juga dapat membuat desinfektan sendiri dengan bahan dan cara berdasarkan rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dengan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 5 sendok makan (1/3 gelas) pemutih untuk 3,7 liter air atau 4 sendok teh pemutih untuk 1 liter air.

Tuang larutan desinfektan  tersebut dalam botol semprot atau gunakan untuk membersihkan sudut rumah yang kotor atau bagian yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja, kamar mandi, dll. Larutan tersebut dapat membantu untuk membunuh virus.

Rekomendasi cara membuat desinfektan lainnya, yaitu:

  • Siapkan botol semprot 0,5 liter
  • Isopropil alkohol 70% (140 proof)
  • Tambahkan 1/2 sendok teh hidrogen peroksida
  • Tambahkan minyak esensial seperti 30 tetes minyak esensial tree tea oil, 15 tetes minyak esensial lemon, 15 tetes minyak esensial lavender, dan 15 tetes minyak esensial eucalyptus
  • Campurkan semua bahan tersebut
  • Masukan ke dalam botol semprot dan beri label desinfektan
  • Desinfektan sudah siap digunakan

Itulah panduan cara membuat desinfektan sendiri. Anda dapat menggunakan larutan desinfektan tersebut untuk membersihkan permukaan meja, keran air, gagang pintu, remot, sakelar lampu, dll.

Selain itu, Anda dapat menggunakan produk-produk kebersihan dengan label klaim antivirus yang yang disetujui EPA. Ikuti instruksi untuk semua produk pembersih dan desinfeksi termasuk cara penggunaan, konsentrasi, dan waktu kontak.

Baca Juga: Hand Sanitizer: Manfaat, Penggunaan, Cara Membuat, dll

Rekomendasi Umum untuk Pembersihan Rutin dan Desinfeksi

Berdasarkan rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), setiap orang dianjurkan untuk memerhatikan dan melakukan pembersihan rutin dengan desinfektan untuk benda-benda yang sering disentuh seperti meja, lantai, gagang pintu, sakelar, karpet, pegangan, meja, toilet, tempat tidur, keran, bak cuci, dapur, kamar mandi, dan peralatan yang digunakan bersama lainnya.

Pembersihan dengan desinfektan juga dianjurkan untuk mensterilisasi tempat-tempat yang diduga dikunjungi oleh pasien yang sudah dikonfirmasi terinfeksi virus dan tempat-tempat umum termasuk kantor, mall, kamar mandi umum, transportasi publik, bandara, stasiun, dan fasilitas umum lainnya.

Cara Membersihkan Rumah dengan Desinfektan

Berikut ini adalah rekomendasi dari CDC untuk membersihkan peralatan dengan desinfektan:

  • Gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan permukaan dengan desinfektan untuk menghindari paparan langsung dengan virus atau bakteri.
  • Gunakan juga masker saat Anda membersihkan rumah dengan desinfektan.
  • Cuci atau sikat dengan deterjen dan air apabila permukaannya terlalu kotor sebelum desinfeksi.
  • Jika permukaannya terlihat bersih, cukup semprotkan larutan desinfektan lalu lap dan biarkan kering dengan udara selama beberapa menit.
  • Anda dapat menggunakan larutan desinfektan buatan sendiri atau produk kebersihan yang disetujui oleh EPA yang diharapkan efektif mencegah COVID-19.
  • Gunakan desinfektan atau pembersih khusus untuk benda dengan permukaan lunak seperti lantai berkarpet, permadani, dan tirai.

Bersihkan benda-benda yang sering disentuh secara teratur. Apabila Anda melakukan desinfeksi dengan benar maka akan membunuh organisme mikroskopis berbahaya yang dapat memicu infeksi dan penyakit.

Setiap orang harus memiliki kesadaran akan pentingnya kebersihan untuk memelihara kesehatan. Hal ini termasuk dengan membersihkan peralatan rumah tangga dan tempat umum dengan desinfektan, mencuci tangan secara teratur, memenuhi asupan vitamin dan nutrisi, dan menghindari orang sakit.

Itulah pembahasan tentang cara membuat desinfektan. Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu Anda mencegah diri dan orang-orang di sekitar Anda terhindar dari virus Corona dan patogen lainnya.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

  1. CDC. 2020. Clean & Disinfect. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/cleaning-disinfection.html. (Diakses pada 17 Maret 2020).
  2. The Editors of Encyclopaedia Britannica. 2020. Disinfectant. https://www.britannica.com/technology/disinfectant. (Diakses pada 17 Maret 2020).
  3. Gotter, Ana. 2018. A Guide to Antiseptics. https://www.healthline.com/health/what-is-antiseptic. (Diakses pada 17 Maret 2020).
  4. Lewis, Sarah. 2020. Homemade “Lysol” Disinfecting Cleaning Spray. https://oneessentialcommunity.com/homemade-lysol-disinfectant-cleaning-spray-essential-oil/. (Diakses pada 17 Maret 2020).
  5. CDC. 2020. Environmental Cleaning and Disinfection Recommendations. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/community/organizations/cleaning-disinfection.html. (Diakses pada 17 Maret 2020).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/cara-membuat-desinfektan/