Let’s travel together.

Buah Alpukat dan Kandungan Istimewanya bagi Ibu Hamil

0 2

Buah Alpukat dan Kandungan Istimewanya bagi Ibu HamilSangatlah tepat jika Anda adalah seorang pecinta buah alpukat. Buah yang kaya akan mineral, antioksidan, kaya serat serta vitamin ini amatlah baik dikonsumsi ketika hamil. Memiliki nama latin Persea Americana. Buah yang berasal dari Meksiko ini menjadi salah satu buah yang disarankan sebagai makanan sehat bagi Ibu hamil.

Berikut akan disajikan informasi mengenai kandungan dalam buah alpukat serta efek baiknya bagi Ibu hamil. Akan diberikan pula beberapa resep buah alpukat yang dapat Anda coba untuk buat sendiri dengan mudah, serta informasi mengenai alergi pada buah alpukat.

Kandungan Nutrisi yang Terdapat pada Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang sangat istimewa. Hasil penelitian terbaru dan terpublish oleh jurnal Nutrients menyebutkan bahwa buah alpukat merupakan konsumsi wajib bagi Ibu yang sedang berada dalam kondisi hamil. Untuk ukuran 1/3 buah atau setara dengan 50 gr buah alpukat matang terdapat 80 kalori dan sekurangnya terdapat 20 jenis vitamin dan mineral yang menjadikan alpukat sebagai buah yang padat gizi. Berikut 8 kandungan nutrisi dan mineral dalam 50 gr buah alpukat:

  1. Folat (45 mcg)

Sebanyak 10% folat terkandung dalam buah alpukat. Asam folat sangat diperlukan pada masa pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan janin. Konsumsi folat yang cukup akan mencegah terjadinya kelainan dalam pertumbuhan otak dan syaraf buah hati Anda.

  1. Fiber atau serat (3 g)

Serat sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya konstipasi atau gangguan susah buang air besar yang umum terjadi pada Ibu hamil. Konsumsi serat dari buah alpukat dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, obesitas serta diabetes pada saat kehamilan.

  1. Zat Besi (0.3 mg)

Zat besi merupakan zat esensial dalam pembentukan hemoglobin dan sel darah merah yang mengikat oksigen dalam darah serta mengalirkannya menuju sel dan jaringan baik tubuh ibu maupun janin. Zat besi yang terkandung dalam buah alpukat juga amat dibutuhkan dalam pertumbuhan, perkembangan, fungsi normal sel, sintesis hormon dan perbaikan jaringan yang rusak.

  1. Berbagai Jenis Vitamin

Vitamin C (4 mg), Vitamin E (1 mg) dan Vitamin K (11 mcg) merupakan kandungan vitamin yang terdapat dalam 50 gr buah alpukat. Selain itu terdapat Vitamin B1, B2 dan B6 yang penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin.

  1. Kalium (250 mg)

Kalium dalam buah alpukat memiliki fungsi pengatur kadar air dan garam dalam tubuh. Selain itu dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi saat kehamilan.

  1. Magnesium (14 mg)

Magnesium merupakan mineral esensial yang membantu memproduksi energi dalam sel serta sangat penting dalam kontraksi dan relaksasi otot. Konsumsi magnesium yang cukup akan mencegah terjadinya kontraksi dini rahim yang dapat terjadi pada masa hamil dan beresiko kepada gugurnya kandungan.

  1. Mangan (1.4 mg)

Mangan juga merupakan mineral esensial yang diperlukan sebagai pembentuk gigi dan tulang pada janin, serta mencegah osteoporosis atau kehilangan kalsium pada ibu pada masa kehamilan.

  1. Lutein dan Zeaxanthin (136 mcg)

Buah alpukat mengandung kadar lutein dan zeaxanthin tertinggi diantara buah dan sayuran lain. Mineral ini membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan sel pada mata. Serta pada janin dapat mencegah terjadinya katarak dan membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan kulit.

Variasi Resep Buah Alpukat

Daging buah alpukat memiliki ciri khas empuk dan manis, sehingga tanpa menambah perasa seperti gula, buah ini tetap manis dan nikmat untuk disantap langsung. Selain itu buah alpukat amat cocok dijadikan jus buah segar dengan dicampur susu kental manis atau madu. Namun, jika anda bosan dengan variasi buah alpukat yang begitu saja, berikut akan diberikan contoh resep variasi buah alpukat yang dapat Anda coba kreasikan:

  1. Salad buah dan sayuran

Buah alpukat sangat cocok untuk dijadikan salad bersama dengan campuran buah anggur, daun bayam dan potongan bawang putih. Gunakan saus mayonnaise atau minyak zaitun untuk menambah rasa dan kandungan nutrisinya.

  1. Mashed Avocados

Selain salad, buah alpukat dapat disajikan dengan menggunakan teknik mashed atau dihaluskan. Yang dapat anda lakukan adalah menumbuk buah alpukat hingga halus, tambahkan sedikit potongan bawang putih dan air jeruk lemon lalu campurkan dengan cereal.

  1. Puding Coklat Alpukat

Untuk 3 porsi puding coklat alpukat yang lezat, sediakan satu buah alpukat matang dan satu buah pisang matang ukuran sedang. Tambahkan dengan 6 butir buah kurma, blender dengan ¼ gelas susu almond atau susu kacang kedelai, tambah vanilla essens sebanyak satu sendok teh. Jika semua bahan sudah tercampur dengan rata tambahkan 50 gram bubuk cokelat, ¼ sendok teh kayu manis dan sedikit garam. Tuangkan dalam gelas, dan dinginkan dalam kulkas selama 1 jam sebelum di makan.

  1. Es Teler Kaldu Alpukat

Siapkan satu buah alpukat yang telah ditumbuk kasar, campur dengan gula cair dan susu kental manis dalam sebuah mangkuk atau panci. Bila telah tercampur dengan rata tambahkan air secukupnya. Masukkan potongan buah-buahan tambahan seperti stroberi, mangga atau nangka di dalam kaldu alpukat. Incipi dan koreksi rasa apabila susu atau manisnya kurang. Sajikan dingin dengan tambahan es batu.

Buah alpukat memiliki kulit yang tebal, sehingga buah ini termasuk aman dari pengaruh pestisida yang berlebihan. Namun anda tetap harus mencuci kulit buah alpukat hingga bersih sebelum mengolahnya menjadi makanan yang sehat.

Waspada Jika Terdapat Tanda Alergi Terhadap Buah Alpukat

Beberapa orang memiliki tanda dan gejala alergi terhadap beberapa buah-buah termasuk buah alpukat. Reaksi alergi yang diakibatkan oleh buah alpukat dapat berupa reaksi ringan hingga reaksi yang membahayakan dan berujung kematian. Tanda dan gejala anda memiliki alergi terhadap buah ini antara lain:

  1. Gejala Alergi Oral

Gejala alergi oral ditunjukkan sebatas pada area wajah, bibir dan tenggorokan. Dapat terjadi bersin, mata gatal dan berair, rasa gatal pada mulut dan tenggorokan, bahkan dapat terjadi pembengkakan lokal pada area bibir, lidah hingga tenggorokan. Gejala ini dapat terjadi sesaat setelah anda konsumsi buah alpukat atau berbagai produk makanan yang mengandung buah alpukat sebagai komposisinya.

  1. Gejala Alergi Kulit

Jika anda memiliki alergi terhadap latex atau bahan-bahan yang terbuat dari karet, maka Anda wajib waspada, karena sebagian besar yang mengalami alergi latex akan menunjukkan gejala alergi juga setelah konsumsi buah alpukat. Gejala yang dapat terjadi antara lain gatal dan kemerahan pada kulit, batuk dan bersin, mual hingga muntah, diare, susah menelan bahkan hingga terjadi pembengkakan pada saluran napas yang sangat berbahaya dan beresiko kematian.

Tidak jarang beberapa orang tidak mengetahui apabila ia ternyata alergi terhadap buah alpukat. Jika Anda sedang hamil dan positif alergi pada buah alpukat, amatlah penting untuk menghindari konsumsi buah alpukat maupun produk makanan yang mengandung buah alpukat sebagai komposisinya. Segeralah menuju layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan tepat bagi gejala alergi anda.

Demikian informasi mengenai kandungan nutrisi dalam buah alpukat, resep pengolahan dan sedikit pengetahuan mengenai bahaya alergi terhadap alpukat. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi dengan buah alpukat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

44 − 41 =