Let’s travel together.

Berlebihan Main Ponsel, Wanita Ini Buta Sementara

0 0

CuitanDokter.Com – Arikel tentang Berlebihan Main Ponsel, Wanita Ini Buta Sementara tersedia di situs kami , 5 menit waktu anda yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel Berlebihan Main Ponsel, Wanita Ini Buta Sementara , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai Berlebihan Main Ponsel, Wanita Ini Buta Sementara kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

ponsel-kebutaan-doktersehat
Photo Source: Flickr/Dick Thomas Johnson

DokterSehat.Com– Kasus masalah kesehatan yang terkait dengan penggunaan ponsel berlebihan kembali terjadi. Kali ini, seorang wanita bahkan sampai mengalami kebutaan sementara akibat berlebihan main ponsel. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kebutaan Sementara Akibat Berlebihan main Ponsel

Kasus yang bisa dijadikan pelajaran bagi kita agar lebih bijak memainkan ponsel ini terjadi di Tiongkok. Saat itu, wanita yang tidak diungkap identitasnya ini memainkan ponselnya tanpa henti semalaman suntuk. Sayangnya, hal ini membuat matanya mengalami ketegangan berlebihan dan akhirnya membuat pembuluh darah di retina mata kirinya pecah sehingga memicu kebutaan semenara.

“Sang pasien terus memainkan ponselnya semalaman. Saat pagi hari, dia bangun tidur dan langsung melihat ponselnya lagi. Sekitar lima menit kemudian mata kirinya tidak bisa melihat sehingga membuatnya meminta bantuan medis,” ucap dr. Qui Wangjian dari Songgang People’s Hospital yang menangani kondisi sang wanita.

Saat mengecek kondisi sang wanita, dr. Qui melihat adanya bercak darah pada retina sang wanita. Ia pun langsung mendiagnosis sang wanita dengan retinopati valsalva. Tak hanya membuat pandangan menghilang, sang wanita juga bisa mengalami muntah-muntah, serangan asma, batuk-batuk, dan lain-lain.

Sang wanita kemudian mendapatkan metode parawatan laser yang membuat lubang kecil di bagian retinanya sehingga bagian mata ini kembali bisa mendapatkan aliran darah. Hal ini diharapkan bisa mengembalikan penglihatannya seperti semula.

Kasus gangguan penglihatan yang disebabkan oleh penggunaan ponsel berlebihan bukan kali ini saja terjadi. Dalam realitanya, telah banyak kasus yang membuat korban bahkan sampai buta akibat penggunaan peralatan elektronik yang sulit untuk kita lepaskan ini.

Pakar kesehatan dari American Academy of Opthalmology menyarankan kita untuk memakai filter pelindung layar dan memastikan untuk memberikan jarak antara mata dengan ponsel. Selain itu, pastikan untuk mengistirahatkan mata jika sudah memainkan ponsel selama 20 menit dan mengedipkannya demi mencegah mata kering dan gangguan penglihatan lainnya.

Beberapa Dampak Kesehatan yang Bisa Didapatkan Jika Memainkan Ponsel Berlebihan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa dampak kesehatan yang bisa didapatkan jika kita sembarangan menggunakan ponsel atau gawai lainnya.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

  1. Bisa Menyebabkan Gangguan Fungsi Otak

Dampak pertama yang bisa kita dapatkan jika terlalu sering menggunakan ponsel adalah terganggunya fungsi otak. Memang, hingga saat ini isu yang menyebut radiasi ponsel terkait dengan risiko kanker otak masih menjadi perdebatan banyak pakar kesehatan, namun ada kemungkinan hal ini akan membuat kita mengalami masalah kurang tidur akibat terlalu sering menggunakannya.

Hal ini akan membuat kita tidak fit, mudah mengantuk, sulit mengingat, sulit berpikir, dan sulit berkonsentrasi. Risiko terkena masalah produktivitas atau bahkan kecelakaan akan meningkat.

  1. Depresi

Penggunaan ponsel dengan berlebihan, apalagi jika sampai kita kecanduan media sosial bisa membuat risiko terkena masalah depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya meningkat dengan signifikan.

  1. Memicu Text Neck Syndrome

Text neck syndrome adalah masalah kesehatan yang menyebabkan sensasi nyeri dan kaku pada leher dan bahu akibat kepala yang menunduk terlalu lama akibat memainkan ponsel. Bobot kepala yang berat membuat leher dan bahu yang menopang kepala terbebani dan menyebabkan gejala ini.

  1. Cubital Tunnel Syndrome

Kondisi ini terjadi pada bagian siku yang sering dipakai sebagai penyangga tangan yang sedang memainkan ponsel. Dampaknya bisa berupa rasa nyeri atau kesemutan.

  1. Trigger Thumb

Kondisi ini membuat jempol tangan menjadi lebih bengkok akibat penggunaan ponsel dengan berlebihan.

 

Sumber:

  1. Hein, Alexandra. 2017. Woman temporarily blinded after excessive smart phone use, report says. foxnews.com/health/woman-temporarily-blinded-excessive-phone-use-report.amp?cmpid=prn_newsstand. (Diakses pada 14 November 2019).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/akibat-ponsel-buta-sementara/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 29 = 34