Let’s travel together.

Apa Saja Obat Cacar Air Dewasa? Berikut Ini Selengkapnya

0 4

Apa Saja Obat Cacar Air Dewasa? Berikut Ini SelengkapnyaPemberian obat cacar air dewasa ini merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh siapa saja. Hal ini disebabkan penyakit cacar air pada orang dewasa memiliki tingkat keparahan yang lebih besar dibandingkan pada anak-anak. Penyakit cacar air sendiri merupakan sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi Virus Varisela Zooster. Penyakit cacar air sendiri dikulit akan menimbulkan lesi berupa lepuhan dengan dasar kemerahan pada seluruh kulit di samping gejala lain berupa demam dan nyeri otot. Penyakit cacar air bukanlah suatu penyakit yang mengancam jiwa, jika kita mengetahui bagaimana cara mengobati cacar air ini dengan benar. Di dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana pengobatan cacar air dan juga kebenaran mitos-mitos mengenai penyakit cacar air ini di masyarakat.

Obat Cacar Air Dewasa dan Mekanisme Kerjanya

Cacar air sebenarnya merupakan salah satu penyakit infeksi virus yang tidak memiliki terapi spesifik guna membasmi infeksi virus ini. Kumpulan obat-obatan yang akan dibahas di dalam artikel ini disebut sebagai obat cacar air yang ampuh, karena dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh anda dan juga mempercepat penyembuhan dan bukan membunuh virus Varisela itu.

1. Pemberian pereda nyeri dan penurun panas

Dalam dunia medis, pereda nyeri dan penurun panas ini disebut dengan obat analgesik-antipiretik. Penderita cacar air baik pada anak kecil maupun dewasa akan mengalami gejala umum yang dirasakan karena masuknya virus ke dalam tubuh kita. Gejala tersebut berupa berupa demam dan nyeri otot di seluruh tubuh.

Demam yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya merupakan demam dengan ciri khas timbulnya mendadak dan sangat tinggi. Untuk itu pemberian obat penurunan panas merupakan pilihan obat cacar air dewasa yang tepat bagi keluhan ini, begitu pula dengan nyeri otot yang ditimbulkan oleh infeksi virus ini.

Obat pereda nyeri dan juga penurun panas yang paling banyak digunakan dan paling aman untuk digunakan oleh setiap jenjang usia adalah parasetamol. Parasetamol ini merupakan obat pada golongan asetaminofen yang memiliki kerja menghambat suatu produk kimia yang disebut prostaglandin di dalam tubuh kita yang berperan dalam proses peningkatan suhu tubuh dan juga pencetus rasa sakit.

2. Pemberian bedak bubuk atau bedak cair Caladine

Pemberian bedak bubuk ataupun bedak cair Caladine ternyata cukup membantu mengurangi gejala gatal pada daerah kulit yang mengalami lepuhan. Bedak Caladine ini memang lebih umum digunakan oleh anak-anak yang mengalami biang keringat, akan tetapi bedak ini ternyata juga bisa diberikan bagi anak-anak ataupun orang dewasa yang mengalami cacar air.

Penderita cacar air sebagian besar akan mengeluhkan timbulnya ruam berupa lepuhan di permukaan kulit hampir di seluruh tubuhnya yang terasa gatal dan terkadang perih. Untuk mengurangi gejala tersebut, pemberian bedak ataupun bedak cair di permukaan lepuhan tersebut sangatlah membantu. Dengan mengoleskan bedak cair Caladine pada permukaan lepuhan akan mengurangi rasa gatal dan perih di sekitar lesi.

3. Obat anti gatal

Obat anti gatal ini di dalam dunia medis dikenal sebagai obat anti-histamin, dimana histamin sendiri merupakan salah satu mediator kimia di dalam tubuh manusia yang berperan dalam proses alergi dan menimbulkan rasa gatal. Obat-obatan anti-histamin ini sangat banyak digunakan pada pasien dengan riwayat alergi seperti pada penyakit asma, penyakit kulit alergi (dermatitis atopik) dan lain-lain.

Penggunaan obat ini sebagai obat cacar air dewasa memiliki dasar yang sama dengan penggunaan bedak Caladine di atas, dimana penderita cacar air sering sekali mengeluhkan rasa gatal di daerah lepuhan. Mengapa rasa gatal pada cacar air ini begitu penting untuk diredakan?

Hal ini penting untuk diketahui, kecenderungan seseorang untuk menggaruk lokasi lepuhan yang terasa gatal akan menyebabkan penularan yang tidak bisa dihindari. Pecahnya lepuhan cacar air ini dapat menyebabkan lepuhan ini menyebar ke daerah tubuh lain bahkan menyebar ke orang lain.

4. Obat anti virus

Obat yang satu ini merupakan jenis terapi yang mau tidak mau harus diberikan kepada penderita cacar air dewasa, mengingat tingkat keparahan infeksi cacar air pada orang dewasa yang lebih berat. Jenis obat yang paling sering digunakan adalah Acyclovir, obat ini biasanya akan diresepkan selama 7-14 hari.

Obat cacar air dewasa yang satu ini memiliki efek untuk menghentikan proses perbanyakan atau multiplikasi dari virus di dalam tubuh kita, tetapi ingat obat ini tidak dapat membunuh virus Varisela. Pengobatan dengan menggunakan anti virus ini sangat dianjurkan dimulai dalam 24 jam setelah lesi kulit timbul karena diketahui efeknya akan lebih maksimal dibandingkan jika anda meminumnya setelah 24 jam.

Mitos-Mitos pada Penanganan dan Cara Mengobati Cacar Air!

Setelah tadi kita membahas mengenai obat cacar air dewasa yang penting untuk diketahui, sekarang saatnya kita membahas mengenai mitos-mitos tentang penyakit cacar air itu sendiri, mulai dari anjuran-anjuran hingga cara pengobatannya. Mari kita lihat apa saja mitos-mitos tersebut!

  • Penderita cacar air tidak boleh mandi

Bisa anda bayangkan, rata-rata penderita cacar air akan mengalami keluhan kulit selama 1-2 minggu dan selama itu anda dilarang mandi. Hal ini tentu salah, penderita cacar air justru dianjurkan untuk mandi seperti biasa guna menjaga kebersihan kulit mereka.

  • Berendam di dalam air yang ditaburi tepung Maizena

Mitos yang satu ini juga tidak dapat dibuktikan kebenarannya, karena penggunaan tepung maizena yang tidak jelas alasannya. Anda dianjurkan cukup mandi dan membersihkan tubuh dengan air hangat dan sabun untuk menjaga kebersihan kulit selama menderita cacar air.

  • Semakin banyak bintil dikulit, akan semakin cepat sembuh

Kenyataan bahwa semakin banyak bintil atau lepuhan di kulit anda berhubungan dengan penyebaran infeksi virus Varisela tentu bertentangan dengan mitos diatas. Penyebaran bintil merah atau lepuhan di kulit sangat erat dengan daya tahan tubuh dari masing-masing penderitanya, sehingga makin banyak bintil di tubuh anda justru menandakan lemahnya sistem pertahanan tubuh anda.

  • Tidak boleh angin-anginan

Mitos yang satu ini tidak sepenuhnya salah namun memang kurang tepat. Alasan utama mengapa seorang penderita cacar air dilarang terkena angin adalah  penularan virus Varisela yang dapat ditularkan tanpa bersentuhan dengan orang lain yang belum pernah terkena cacar air.

  • Cacar air sekali seumur hidup

Seperti sudah kita ketahui di atas, tidak ada satu obat pun yang bisa membunuh virus satu ini. Ketika keluhan cacar air kita hilang, sebenarnya virus ini berdiam di dalam saraf kita dan jika suatu saat daya tahan tubuh kita melemah maka ia dapat muncul lagi sebagai penyakit yang disebut herpes kulit.

Demikianlah pembahasan mengenai obat cacar air dewasa dan juga mitos mengenai penyakit cacar air serta kebenarannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kia semua!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 1 = 3