Let’s travel together.

Apa itu Ropivacaine?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Ropivacaine


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Ropivacaine?

Ropivacaine adalah anestesi atau obat bius yang menghambat impuls saraf yang mengirim sinyal rasa nyeri ke otak Anda. Ropivacaine digunakan sebagai anestesi lokal untuk spinal block, atau juga disebut epidural. Obat ini digunakan untuk menyediakan anestesi selama operasi atau operasi caesar, atau untuk meringankan rasa nyeri persalinan.

Ropivacaine juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak disebutkan pada petunjuk pengobatan ini.PasteTextHere

Bagaimana aturan pakai Ropivacaine?

Ropivacaine diberikan sebagai suntikan melalui jarum yang dipasang di area punggung tengah atau punggung bawah dekat tulang belakang. Anda akan mendapatkan suntikan ini di rumah sakit atau situasi operasi.

Pernapasan, tekanan darah, kadar oksigen dan tanda-tanda vital lainnya akan diawasi secara ketat saat Anda menerima ropivacaine.

Beberapa obat bius dapat memiliki efek berkepanjangan atau efek yang tertunda. Diskusikan dengan dokter apabila Anda memiliki pertanyaan tentang risiko ini. Hubungi dokter apabila Anda memiliki nyeri sendi atau kaku sendi, atau kelemahan pada salah satu bagian tubuh yang terjadi setelah operasi, bahkan beberapa bulan setelahnya.

Bagaimana cara menyimpan Ropivacaine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Ropivacaine untuk orang dewasa?

Dosis untuk Anestesi Lokal

Metode epidural lumbal:

  • Awal: 75 hingga 200 mg disuntikkan melalui pemberian epidural lumbal. Aksi mulai terjadi 10 – 30 menit dan berlangsung sekitar 2 – 6 jam.
  • Pemeliharaan: 12 – 28 mg/jam diberikan melalui infus lumbar epidural.

Epidural torakal:

  • Awal: 25 hingga 75 mg disuntikkan melalui pemberian epidural torakal.
  • Pemeliharaan: 12 – 28 mg/jam diberikan melalui infus epidural torakal.
  • Dosis kumulatif epidural hingga 770 mg selama periode 24 jam untuk rasa sakit pasca operasi telah ditolerir dengan baik pada pasien dewasa.

Nerve block:

Nerve block utama seperti brachial plexus block, dapat ditetapkan dengan menyuntikkan 175 – 250 mg ropivacaine pada area saraf yang tepat. Aksi mulai terjadi sekitar 15 – 30 menit dengan durasi 5 – 8 jam.

Field block seperti nerve block minor atau infiltrasi, dapat ditetapkan dengan menyuntikkan 5 – 200 mg ropivacaine. Aksi mulai terjadi dalam 1 – 15 menit dengan durasi yang diperkirakan 2 – 6 jam.

Dosis untuk Operasi Caesar:

Metode epidural lumbal: 100 hingga 150 mg disuntikkan melalui pemberian epidural lumbal. Aksi mulai terjadi dalam 15 – 25 menit dan berlangsung sekitar 2 – 4 jam.
Direkomendasikan 0.5% cairan pada dosis tidak melebihi 150 mg pada operasi Caesar.

Dosis untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan:

Metode lumbar epidural:

  • Awal: 20 hingga 40 mg disuntikkan melalui pemberian lumbar epidural. Aksi mulai terjadi 10 – 15 menit dan berlangsung sekitar 0.5 – 1.5 jam.
  • Pemeliharaan: 12 – 28 mg/jam diberikan melalui infus lumbar epidural.
  • Suntikan tambahan, atau disebut juga top-up, dapat dilakukan dengan memberikan dosis 20 – 30 per jam.

Bagaimana dosis Ropivacaine untuk anak?

  • Block kaudal untuk anak 2 – 8 tahun: 2 mg/kg
  • Epidural Block (selain block kaudal): 1.7 mg/kg
  • Epidural continuous infusion untuk anak 4 bulan – 7 tahun: Dosis awal 1 mg/kg diikuti dengan 0.4 mg/kg/jam infus epidural berkelanjutan.

Dalam dosis dan sediaan apakah Ropivacaine tersedia?

Ropivacaine tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

Cairan, suntikan 5 mg/mL (30 mL); 2 mg/mL (10 mL, 20 mL, 100 mL, 200 mL); 7,5 mg/mL (20 mL); 10 mg/mL (10 mL, 20 mL).

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Ropivacaine?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Beri tahu perawat Anda segera apabila Anda mengalami efek samping serius berikut:

  • Merasa gelisah, lelah, linglung, atau merasa seperti akan pingsan
  • Gangguan pada bicara atau penglihatan
  • Telinga berdering, rasa metalik, mati rasa atau kesemutan di sekitar mulut, tremor
  • Kejang
  • Napas lemah atau dangkal
  • Detak jantung pelan dan lemah
  • Detak jantung cepat, tersengal-sengal, merasa kepanasan

Efek samping yang lebih tidak serius meliputi:

  • Mual, muntah
  • Sakit kepala, nyeri punggung
  • Demam
  • Gatal-gatal
  • Mati rasa atau kesemutan
  • Gangguan saat buang air kecil atau fungsi seksual.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Ropivacaine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Penelitian terhadap obat ini hanya telah dilakukan pada remaja dan dewasa, tidak ada informasi spesifik yang membandingkan penggunaan ropivacaine pada anak-anak dengan penggunaan dari kelompok usia lainnya.

Lansia

Banyak obat yang belum diteliti secara spesifik pada lansia. Maka dari itu, belum diketahui apakah obat ini bekerja dengan persis seperti pada orang dewasa atau apakah obat ini menyebabkan efek samping yang berbeda atau masalah pada lansia. Tidak ada informasi spesifik yang membandingkan penggunaan ropivacaine pada lansia dengan penggunaan dari kelompok usia lainnya. Berdasarkan informasi dari obat yang serupa, diperkirakan lansia akan lebih sensitif daripada orang dewasa terhadap efek ropivacaine. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan efek samping.

Apakah Ropivacaine aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A= Tidak berisiko,
  • B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C= Mungkin berisiko,
  • D= Ada bukti positif dari risiko,
  • X= Kontraindikasi,
  • N= Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Ropivacaine?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Hyaluronidase
  • Peginterferon Alfa-2b
  • Pixantrone
  • St John’s Wort

Mengonsumsi obat ini dengan obat di bawah ini dapat meningkatkan risiko efek sampingnya, namun pada beberapa kasus, kombinasi dua obat ini mungkin merupakan pengobatan terbaik. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Ciprofloxacin
  • Fluvoxamine

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Ropivacaine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Ropivacaine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Penyakit jantung – Obat ini dapat memperburuk kondisi
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati – Efek samping lebih mungkin terjadi pada pasien dengan penyakit ginjal atau hati.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/ropivacaine/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

12 − 3 =