Let’s travel together.

Apa itu plantar fasciitis?

0 0

Definisi

Apa itu plantar fasciitis?

Plantar fasciitis adalah kondisi di mana kaki mengalami inflamasi (bengkak) yang menyebabkan nyeri tumit. Fasia telapak kaki merupakan sekumpulan jaringan seperti karet gelang  di bawah tulang kaki. Fasia ini menempel dengan ujung tulang dekat tumit dan jari kaki. Saat fasia telapak kaki meradang, pasien akan merasakan nyeri tajam dekat tumit, khususnya saat berjalan di pagi hari.

Seberapa umumkah plantar fasciitis?

Plantar fasciitis sangat sering terjadi pada laki-laki berusia 40-60 tahun. Penyakit ini sering terjadi pada atlet atau orang yang banyak berlari. Selain itu, orang dengan berat badan berlebih yang sering tidak menggunakan bantalan di telapak kaki juga berisiko. Hal ini dapat diatur dengan menurunkan risiko Anda. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala plantar fasciitis?

Gejala plantar fasciitis misalnya nyeri hebat, atau nyeri pada tumit dan nyeri saat Anda berjalan setelah bangun tidur. Semakin banyak Anda berjalan, nyeri Anda akan semakin membaik. Pada kasus yang berat, Anda selalu merasa nyeri saat berjalan. Terkadang nyeri menjalar dari tumit ke jari kaki dan tumit menjadi bengkak atau memar.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab plantar fasciitis?

Penyebab plantar fasciitis yaitu trauma pada otot kaki. Tekanan saat berjalan, berlari, dan berdiri lama dapat meregangkan dan melukai kaki yang dapat menyebabkan nyeri. Selain itu, menggunakan sepatu yang tidak sesuai dalam waktu lama juga dapat menyebabkan plantar fasciitis.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk plantar fasciitis?

Ada banyak faktor risiko untuk plantar fasciitis, yaitu:

  • Jenis kelamin dan usia: plantar fasciitis biasanya terjadi pada laki-laki berusia 40-60 tahun
  • Melakukan olahraga tertentu: aktivitas ini memberikan tekanan lebih pada tumit dan jaringan, seperti berlari, mendaki, balet, dan aerobik dapat menyebabkan plantar fasciitis dengan cepat
  • Kelainan otot kaki: malformasi kaki atau cara berjalan yang tidak biasa juga mempengaruhi kaki dan menyebabkan plantar fasciitis
  • Obesitas: berat badan lebih akan memberikan tekanan lebih pada alas otot kaki
  • Pekerjaan yang membutuhkan berdiri lama seperti pekerja pabrik, guru, atau profesi lain. Berdiri atau berjalan pada permukaan kasar juga akan melukai tendon otot kaki

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak akan menderita penyakit ini. Faktor tersebut hanyalah referensi saja. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih rinci.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk plantar fasciitis?

Terapi plantar fasciitis yang sering dilakukan yaitu:

  • Mengurangi tekanan pada tumit dengan tidak berdiri lama tanpa mengistirahatkan kaki
  • Penurunan berat badan juga akan menurunkan beban tumit dan mengurangi nyeri
  • Antinyeri seperti asetaminofen dan obat anti inflamasi dapat meringankan gejala

Jika terapi ini tidak membuahkan hasil, Anda akan dirujuk ke bedah plastik, fisioterapis atau spesialis kaki. Fisioterapis Anda dapat menuntun Anda melakukan olahraga atau pijat sederhana. Chiropractor dapat memaksa tumit dan menekuk kaki Anda untuk membantu meringankan nyeri saat bergerak.

Anda dapat membantu Anda nyeri menetap dengan membiarkan kaki Anda istirahat dan mencegah peregangan tendon tumit saat malam hari. Injeksi steroid pada tumit dapat membantu Anda meringankan nyeri. Jika nyeri menetap, dokter mungkin akan membebat kaki dan ankle Anda, melakukan stimulasi saraf (TENS) dan akupuntur. Jika nyeri tidak membaik juga, dokter akan melakukan pembedahan untuk membantu telapak kaki Anda tidak teregang.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk plantar fasciitis

Dokter mendiagnosis Anda berdasarkan gejala dan pemeriksaan kaki. Selain itu, jika diagnosis tidak jelas dan dokter masih mencurigai adanya penyakit lain, Anda akan dilakukan pemeriksaan:

  • X-ray kaki
  • Magnetic resonance imaging (MRI)

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi plantar fasciitis?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi plantar fasciitis:

  • Istirahatkan kaki Anda, kurangi berat badan, dan gunakan sepatu yang sesuai
  • Berhenti olahraga sejenak hingga kulit sembuh sempurna
  • Hubungi dokter Anda jika gejala tidak membaik setelah terapi
  • Lakukan peregangan dengan sering, khususnya sebelum olahraga. Anda dapat mencegah nyeri pada punggung

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

52 − = 44