Let’s travel together.

Apa itu Ornidazole?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Ornidazole


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Ornidazole?

Ornidazole adalah obat yang melawan protozoa dan bakteri anaerobik. Obat ini diubah menjadi produk reduksi yang berinteraksi dengan DNA untuk menghancurkan struktur dan helaian heliks DNA, dan menyebabkan penghambatan sintesis protein dan kematian sel pada organisme yang rentan.

Bagaimana aturan pakai Ornidazole?

Harus digunakan dengan makanan.

Bagaimana cara menyimpan Ornidazole?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Ornidazole untuk orang dewasa?

Oral

  • Untuk amoebiasis: 0.5 g dua kali sehari selama 5-10 hari.
  • Untuk disentri amoeba: 1.5 g sebagai dosis tunggal harian selama 3 hari. Alternatif untuk pasien >60 kg: 1 g dua kali sehari untuk 3 hari.
  • Untuk giardiasis: 1-1.5 g sebagai dosis tunggal harian selama 1-2 hari.
  • Untuk trikomoniasis: 1.5 g sebagai dosis tunggal harian atau 0.5 g dua kali sehari selama 5 hari. Gunakan bersamaan dengan pasangan seksual.

Intravena

  • Untuk disentri amoeba berat: Awal, 0.5-1 g infusi diikuti dengan 0.5 g setiap 12 jam selama 3-6 hari.
  • Untuk abses hati amoeba: Awal, 0.5-1 g infusi diikuti dengan 0.5 g setiap 12 jam selama 3-6 hari.
  • Untuk infeksi bakteri anaerobik: Awal, 0.5-1 g diikuti dengan 1 g perhari sebagai dosis tunggal atau dengan 2 terbagi selama 5-10 hari. Dosis diberikan melalui infus. Ganti dengan 500 mg setiap 12 jam secara oral sesegera mungkin.
  • Untuk profilaksis dari infeksi bakteri anaerobik postoperatif: 1 g dengan infus sekitar 30 menit sebelum operasi.

Bagaimana dosis Ornidazole untuk anak?

Oral

  • Untuk amoebiasis: 25 mg/kg sebagai dosis tunggal harian selama 5-10 hari.
  • Untuk disentri amoeba: 40 mg/kg perhari.
  • Untuk giardiasis: 30-40 mg/kg perhari.
  • Untuk trikomoniasis: 25 mg/kg sebagai dosis tunggal.

Intravena

  • Untuk disentri amoeba berat: 20-30 mg/kg per hari.
  • Untuk abses hati amoeba: 20-30 mg/kg per hari.
  • Untuk infeksi bakteri anaerob: 10 mg/kg setiap 12 jam selama 5-10 hari.

Dalam dosis dan sediaan apakah Ornidazole tersedia?

Ornidazole tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

Tablet

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Ornidazole?

Rasa kantuk, sakit kepala, mual, muntah, pusing, tremor, kekakuan, koordinasi buruk, kejang, kelelahan, vertigo, kehilangan kesadaran sementara dan tanda-tanda sakit saraf sensorik atau campuran peripheral, gangguan pada rasa, LFT abnormal, reaksi kulit.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Ornidazole?

Kerusakan ginjal dan hati. Penyakit CNS seperti epilepsi atau multiple sclerosis. Dapat mengganggu kemampuan menyetir atau mengoperasikan mesin. Kehamilan dan laktasi.

Apakah Ornidazole aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Ornidazole?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Ornidazole?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Ornidazole?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/ornidazole/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 4 = 6