Let’s travel together.

Apa itu Orciprenaline?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Orciprenaline


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Orciprenaline?

Orciprenaline adalah obat simpatomimetik yang bekerja langsung. Obat ini memiliki efek minimal pada detak jantung.

Bagaimana aturan pakai Orciprenaline?

Dapat digunakan dengan atau tanpa makanan.

Bagaimana cara menyimpan Orciprenaline?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Orciprenaline untuk orang dewasa?

Untuk penanganan obstruksi saluran pernapasan kronis reversibel: 20 mg 3 atau 4 kali sehari.

Untuk bradikardia: hingga 240 mg per hari pada dosis yang terbagi.

Untuk bronkospasme akut: Inhaler dengan dosis meteran yang mengeluarkan 750 mcg per inhalasi. Maks: Hingga 12 inhalasi dalam 24 jam. Sebagai 5% cairan dari hand nebuliser: 10 inhalasi.

Dengan perangkat nebulisasi seperti aparatus intermittent positive-pressure breathing (IPPB): 0.2-0.3 ml dari 5% solusi yang diencerkan hingga 2.5 ml saline fisiologis, diberikan tidak lebih dari setiap 4 jam.

Intravena untuk bradikardia: 250-500 mcg dengan suntikan IV perlahan.

Bagaimana dosis Orciprenaline untuk anak?

Untuk obstruksi saluran pernapasan kronis reversibel :

  • Hingga 1 tahun: 5-10 mg tiga kali sehari,
  • 1-3 tahun: 5-10 mg 4 kali sehari,
  • 3-12 tahun: 40-60 mg perhari dalam beberapa dosis.

Inhalasi untuk bronkospasme akut

Inhaler dengan dosis meteran:

  • >12 tahun: 1-2 inhalasi (750 mcg); ulangi jika diperlukan setelah 3 jam paling cepat. Maksimal dalam 24 jam.
  • <6 tahun: ingga 4 inhalasi; 6-12 tahun: hingga 8 inhalasi.

Nebuliser:

Bayi dan anak-anak: 0.01-0.02 ml dari 5% cairan; dosis minimal: 0.1 ml; dosis maksimal: 0.3 ml dicairkan pada 2-3 ml normal saline setiap 4-6 jam atau lebih sering jika diperlukan.

Dalam dosis dan sediaan apakah Orciprenaline tersedia?

Orciprenaline tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

Suntikan

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Orciprenaline?

Tachycardia, gelisah, peningkatan serum glukosa, peningkatan kadar kalium, tremor, palpitasi, sakit kepala, pusing, insomnia, mual, muntah, indera pengecap terasa tidak enak, heartburn, xerostomia, gemetar, kram otot, kelemahan, batuk, faringitis, peningkatan diaforesis, bronchospasm paradoxical, hipertensi, nyeri dada, angina, mengantuk, diare, perubahan pada rasa.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Orciprenaline?

Penyakit yang berkaitan dengan jantung (aritmia, hipertensi, CHF), DM, hipokalemia, kelainan kejang. Kehamilan dan laktasi.

Apakah Orciprenaline aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A= Tidak berisiko,
  • B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C= Mungkin berisiko,
  • D= Ada bukti positif dari risiko,
  • X= Kontraindikasi,
  • N= Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Orciprenaline?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Efek dapat dilawan oleh β-blockers seperti propranolol. Durasi bronkodilatasi dapat ditingkatkan dengan ipratropium yang dihirup. Peningkatan efek buruk dengan MAOI, TCA, sympathomimetics.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Orciprenaline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Orciprenaline?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/orciprenaline/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 85 = 90