Let’s travel together.

Ambeien Ternyata Bisa Kambuh Kembali! Cegah dengan 5 Tips Ini

0 1

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah anus yang mengakibatkan iritasi, nyeri, hingga perdarahan pada area tersebut. Lebih buruknya lagi, ambeien dapat kambuh sewaktu-waktu dengan kondisi yang lebih parah. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah ambeien kambuh kembali.

Tips mencegah ambeien kambuh

Ambeien bisa dipicu oleh berbagai faktor. Itu sebabnya, cara paling ampuh mencegah ambeien muncul kembali adalah dengan menghindari faktor-faktornya tersebut. Berikut adalah sederet langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Menambah asupan serat

kelebihan serat diet tinggi serat

Kekurangan asupan serat bisa mengakibatkan sembelit. Sembelit akan membuat Anda lebih sering mengejan ketika buang air besar. Kebiasaan ini lantas memberikan tekanan berlebih pada anus sehingga pembuluh darah di sekitarnya mengalami pembengkakan.

Cara paling sederhana untuk mencegah ambeien kambuh akibat sembelit adalah dengan menambah asupan serat. Perbanyaklah makan buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Bila perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen serat.

2. Tidak menunda buang air besar dan mengejan

Menunda buang air besar dapat membuat feses menumpuk dan mengeras. Kebiasaan ini juga akan mengubah pola buang air besar yang telah diatur dalam otak. Akibatnya, tidak ada dorongan yang cukup kuat untuk mengeluarkan feses yang telah mengeras.

Kondisi ini cenderung membuat seseorang mengejan ketika BAB dan memperparah pembengkakan pembuluh darah anus. Sebisa mungkin, hindarilah kebiasaan menunda BAB. Agar lebih teratur, cobalah membiasakan diri untuk BAB pada jam yang sama setiap hari.

3. Aktif bergerak dan berolahraga

Cara lain untuk mencegah ambeien kambuh adalah dengan aktif bergerak. Kebiasaan duduk terlalu lama akan memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah anus. Namun, gerak tubuh dapat mengurangi tekanan tersebut sekaligus mencegah sembelit.

Risiko kambuhnya ambeien bahkan akan semakin menurun dengan berolahraga 30 menit setiap hari. Olahraga bisa merangsang gerakan usus, mengurangi tekanan pada anus, serta mencegah berat badan berlebih yang menjadi salah satu pemicu ambeien.

4.  Minum cukup air

Asupan air juga berpengaruh besar bagi kesehatan pencernaan Anda. Jika Anda kurang asupan air, sekalipun telah makan makanan tinggi serat, tetap belum cukup untuk membuat tekstur feses jadi lunak. Akibatnya, Anda pun kesulitan saat BAB.

Untuk mencegah ambeien kambuh kembali, salah satu cara yang perlu Anda lakukan adalah memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 1,8-2,5 liter per hari.

Sumber cairan dapat berasal dari air putih, makanan berkuah, serta buah-buahan tinggi kandungan air.

5. Mengatasi ambeien secara medis

prosedur operasi ambeien

Penanganan medis memiliki keunggulan, yakni dapat menghilangkan ambeien secara permanen. Anda pun tidak perlu merasa takut terhadap terhadap metode yang digunakan, sebab tindakan medis terhadap ambeien tidak selalu harus operasi.

Tergantung tingkat keparahan ambeien, berikut adalah beberapa cara medis yang bisa ditempuh untuk mencegah ambeien kambuh kembali:

  • Rubber band ligation: Bagian dasar ambeien diikat menggunakan karet sehingga aliran darahnya terhambat. Benjolan ambeien biasanya akan terlepas seminggu kemudian.
  • Skleroterapi: Senyawa kimia khusus disuntikkan pada ambeien untuk memperkecil ukurannya.
  • Koagulasi: Dokter menggunakan laser, sinar inframerah, atau panas untuk menggumpalkan bagian dalam ambeien. Ambeien kemudian akan mengerut dan terlepas.
  • Operasi. Metode ini dilakukan apabila ambeien berukuran sangat besar atau metode sebelumnya tidak berhasil menghilangkan ambeien.

Ambeien merupakan kondisi medis yang dapat dialami oleh siapa saja dan kambuh kapan saja. Meski demikian, Anda bisa mencegah ambeien kambuh dengan cara sederhana seperti memperbaiki pola makan dan menghindari kebiasaan tertentu.

Jika semua cara yang Anda lakukan tidak membuahkan hasil, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Ambeien yang kambuh terus-menerus bisa saja merupakan gejala dari penyakit lain. Pemeriksaan lebih lanjut dapat membantu Anda menemukan penyebab dan cara mengatasinya.

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

81 + = 86