Let’s travel together.

Alendronic Acid Obat Apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Alendronic Acid


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Alendronic Acid digunakan?

Alendronic acid adalah obat untuk mencegah hilangnya tulang yang terjadi pada laki-laki, wanita yang menopause dan pasien yang menerima glucocorticoids seperti prednisolone dan methylprednisolone.

Alendronic acid juga dapat digunakan untuk membangun kembali tulang dan membuat tulang cenderung patah tulang pada wanita pascamenopause dan pria osteoporosis. Alendronic acid termasuk dalam kelompok obat yang disebut ‘bifosfonat’.

Bagaimana aturan pakai obat Alendronic Acid?

Sebelum Anda memulai pengobatan, baca dulu selebaran informasi produk yang ada di dalam kemasan. Brosur tersebut akan memberi Anda informasi lebih lanjut tentang Alendronic acid dan Anda pun dapat melihat daftar lengkap efek samping yang mungkin Anda akan alami bila mengonsumsi obat itu.

Jika Anda minum Alendronic acid 10 mg tablet, minum satu tablet sehari. Jika Anda lupa satu hari untuk minum obat ini, maka Anda perlu minum tablet Anda ini pada hari berikutnya seperti biasa. Jangan mengambil dosis ganda.

Jika Anda mengambil tablet yang mengandung Alendronic Acid 70 mg (merek Fosamax® Once Weekly dan Fosavance®), minum satu tablet seminggu sekali. Anda harus minum dosis obat Anda pada hari yang sama setiap minggu, jadi pilihlah hari yang paling sesuai dengan rutinitas Anda. Jika Anda lupa untuk mengambil dosis pada hari yang biasanya, maka minumlah obat tersebut pada pagi hari berikutnya dan kemudian lanjutkan minum pada hari yang Anda sebelumnya telah Anda pilih, ketika dosis Anda yang berikutnya.

Jika Anda mengambil Alendronic Acid 70 mg dalam 100 ml obat cair oral, ambil 100 ml (satu unit) seminggu sekali. Minumlah pada hari yang sama setiap minggu. Jika Anda lupa untuk mengambil dosis pada hari biasa, bawa pada pagi hari berikutnya dan kemudian lanjutkan minum pada hari yang Anda pilih ketika dosis berikutnya terjadi.

Bagaimana cara menyimpan Alendronic Acid?

Simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Alendronic Acid?

Sebelum mengambil obat ini, beritahu dokter Anda:

  • Jika Anda alergi (hipersensitif) terhadap alendronate sodium trihydrate atau salah satu bahan lainnya.
  • Jika Anda memiliki gangguan tertentu pada esofagus  (tabung yang menghubungkan mulut dengan lambung Anda) seperti penyempitan atau kesulitan menelan
  • Jika Anda tidak dapat berdiri atau duduk tegak selama minimal 30 menit
  • Jika dokter Anda telah memberitahu Anda bahwa Anda memiliki kalsium darah rendah

Apakah obat Alendronic Acid aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A= Tidak berisiko, B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C=Mungkin berisiko, D=Ada bukti positif dari risiko, X=Kontraindikasi, N=Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Alendronic Acid yang mungkin terjadi?

Seperti semua obat-obatan lainnya, Alendronic Acid dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang dapat mengalami efek samping.

Istilah berikut digunakan untuk menggambarkan efek samping apa saja yang pernah terjadi pada orang yang mengonsumsi Alendronic Acid:

Sangat umum:

  • Nyeri sendi, tulang dan atau otot yang kadang-kadang parah.

Umum:

  • Mulas; kesulitan menelan; nyeri saat menelan; luka pada kerongkongan (tabung yang menghubungkan mulut dengan lambung Anda) yang dapat menyebabkan nyeri dada, nyeri ulu hati; atau kesulitan atau nyeri saat menelan
  • Sendi bengkak
  • Sakit perut; perasaan tidak nyaman di perut atau bersendawa setelah makan; sembelit; perasaan penuh atau kembung di perut ; diare; perut kembung
  • Rambut rontok; gatal
  • Sakit kepala; pusing
  • Kelelahan; bengkak di tangan atau kaki

Tidak umum:

  • Mual; muntah,
  • Iritasi, atau radang tenggorokan atau perut
  • Tinja berwarna hitam atau seperti tar
  • Penglihatan kabur; rasa sakit atau kemerahan di mata
  • Ruam; kemerahan pada kulit
  • Gejala seperti flu: sakit otot, merasa tidak enak badan dan kadang-kadang disertai demam biasanya pada awal pengobatan, gangguan rasa.

Langka:

  • Reaksi alergi seperti gatal-gatal; pembengkakan wajah, bibir, lidah dan/atau tenggorokan, mungkin menyebabkan kesulitan bernapas atau menelan
  • Gejala tingkat kalsium darah rendah termasuk kram otot atau kejang dan/atau kesemutan di jari-jari atau sekitar mulut

Efek samping yang mungkin terjadi:

  • Luka pada perut  atau peptic (kadang-kadang berat atau dengan perdarahan)
  • Penyempitan kerongkongan
  • Ruam diperparah oleh sinar matahari; reaksi kulit yang parah
  • Nyeri di mulut, dan/atau rahang, bengkak atau luka dalam mulut, mati rasa atau perasaan berat di rahang, atau gigi lepas

Hal seperti itu bisa menjadi tanda-tanda kerusakan tulang di rahang (osteonecrosis) umumnya terkait dengan penyembuhan tertunda dan infeksi, sering melakukan pencabutan gigi. Hubungi dokter dan dokter gigi jika Anda mengalami gejala seperti:

  • Terjadi patah tulang paha pada pasien pengobatan jangka panjang dengan Alendronic Acid. Paha terasa nyeri, paha terasa lemah dan terasa tidak nyaman di sekitar area paha mungkin merupakan indikasi awal terjadinya fraktur di tulang paha
  • Luka pada mulut ketika tablet dikunyah atau ditelan

Selain itu ada juga efek samping yang terjadi seperti berikut ini (frekuensi jarang):

Fraktur yang tidak biasa dari tulang paha terutama pada pasien pengobatan jangka panjang untuk osteoporosis dapat terjadi namun dalam frekuensi yang jarang.

Hubungi dokter jika Anda mengalami sakit, kelemahan atau rasa tidak nyaman di paha Anda, pinggul atau pangkal paha karena kemungkinan dapat menjadi indikasi awal dari fraktur tulang paha.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Alendronic Acid?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Antasid
  • Garam Kalsium
  • Glucocorticosteroid
  • Non-steroidal anti-inflammatories (NSAID)

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Alendronic Acid?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Alendronic Acid?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Masalah ginjal
  • Susah menelan makanan atau masalah pencernaan
  • Kalsium darah rendah
  • Barrett esophagus (suatu kondisi yang terkait dengan perubahan sel-sel yang melapisi esofagus bagian bawah)
  • Masalah kesehatan gigi, penyakit gusi, ekstraksi gigi yang direncanakan atau tidak melakukan perawatan gigi rutin
  • Kanker
  • Sedang menjalani kemoterapi atau radioterapi

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Alendronic Acid untuk dewasa?

Oral

Osteopetrosis

Dewasa : 10 mg sehari atau 70 mg sekali seminggu.

Oral

Paget’s Disease pada  tulang

Dewasa: 40 mg sehari selama 6 bulan; dapat diulang jika diperlukan setelah periode evaluasi pasca perawatan 6 bulan.

Oral

Pencegahan osteoporosis postmenopausal

Dewasa : 5 mg sekali sehari atau 35 mg sekali seminggu.

Oral

Corticosteroid-induced osteoporosis

Dewasa: Pengobatan dan pencegahan: 5 mg sehari; bisa meningkat sampai 10 mg sehari pada wanita yang tidak menerima terapi penggantian hormon.

Berapa dosis obat Alendronic Acid untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis dan sediaan apa Alendronic Acid tersedia?

Tablet, Oral: 10mg, 70mg

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/alendronic-acid/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

2 + 2 =