Let’s travel together.

Aldesleukin Obat Apa?

0

CuitanDokter.Com


Nama Generik:
Aldesleukin


Merek:
Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Aldesleukin digunakan?

Aldesleukin adalah obat untuk mengobati bentuk lanjutan dari ginjal atau kanker kulit (kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh). Obat ini adalah sama dengan zat yang tubuh Anda biasanya buat (interleukin-2). Di dalam tubuh, obat ini diduga bekerja dengan cara mempengaruhi pertahanan alami tubuh (sistem kekebalan tubuh). Efek ini memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati Kaposi’s Sarcoma.

Bagaimana aturan pakai obat Aldesleukin?

Obat ini diberikan melalui suntikan ke dalam pembuluh darah lebih dari 15 menit oleh seorang profesional perawatan kesehatan. Obat ini juga dapat diberikan dengan cara lain seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Obat ini biasanya diberikan setiap 8 jam selama 5 hari berturut-turut. Namun, dokter Anda dapat memutuskan untuk menunda atau menghentikan pengobatan Anda tergantung pada bagaimana respon tubuh Anda terhadap obat ini. Setelah masa pengobatan ini, Anda akan diberikan waktu untuk beristirahat dan memulihkan sebelum mendapatkan obat ini lagi. Sebuah terapi dapat mencakup hingga 28 dosis obat ini. Untuk memastikan bahwa Anda menerima dosis masing-masing dijadwalkan sebagai diarahkan, penting untuk menyimpan semua data medis Anda saat menerima pengobatan ini.

Tergantung pada respons Anda, dokter Anda mungkin dapat memutuskan bahwa terapi kedua akan sangat membantu.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, berat badan, respon terhadap pengobatan, dan efek samping Anda.

Bagaimana cara menyimpan Aldesleukin?

Simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Aldesleukin?

Sebelum menerima Aldesleukin:

  • Beri tahukan dokter dan apoteker Anda bahwa alergi pada Aldesleukin, obat-obatan lainnya atau bahan lainnya yang terkandung di injeksi Aldesleukin. Tanyakan pada apoteker Anda mengenai daftar bahan baku obat tersebut.
  • Beri tahukan dokter dan apoteker Anda mengenai obat-obatan baik yang menggunakan resep atau tidak, vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal yang sedang Anda konsumsi atau yang sedang Anda rencanakan untuk dikonsumsi. Pastikan Anda menyebutkan jenis obat-obatan berikut ini: beta blockers seperti atenolol (Tenormin), labetalol (Normodyne), metoprolol (Lopressor, Toprol XL), nadolol (Corgard), dan propranolol (Inderal); obat-obatan kemoterapi kanker tertentu seperti asparaginase (Elspar), cisplatin (Platinol), dacarbazine (DTIC-dome), doxorubicin (Doxil), interferon-alfa (Pegasys, PEG-Intron), methotrexate (Rheumatrex, Trexall), dan tamoxifen (Nolvadex); obat-obatan untuk tekanan darah tinggi; obat-obatan untuk mual dan muntah; narkotika and obat-obatan penghilang rasa sakit lainnya; obat penenang, pil tidur, dan penenang; steroids seperti dexamethasone (Decadron, Dexone), methylprednisolone (Medrol), dan prednisone (Deltasone); dan krim steroid, lotions, atau salep seperti hydrocortisone (Cortizone, Westcort). Juga beritahu dokter dan apoteker tentang semua obat yang Anda gunakan sehingga mereka dapat memeriksa apakah obat-obatan yang sedang Anda gunakan tersebut yang dapat meningkatkan risiko yang berpotensi untuk menimbulkan kerusakan ginjal atau hati selama pengobatan Anda dengan Aldesleukin.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda pernah mengalami kejang, gastrointestinal (GI) pendarahan memerlukan pengobatan bedah, atau GI serius lainnya, jantung, sistem saraf, atau masalah ginjal setelah Anda menerima Aldesleukin atau jika Anda pernah melakukan transplantasi organ (pembedahan untuk mengganti organ dalam tubuh). Dokter Anda mungkin tidak ingin Anda menerima Aldesleukin.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah mengalami kejang, penyakit Crohn, scleroderma (penyakit yang mempengaruhi jaringan-jaringan yang mendukung kulit dan organ internal), penyakit tiroid, arthritis, diabetes, myasthenia gravis (penyakit yang melemahkan otot), atau cholecystitis (radang kantong empedu yang menyebabkan sakit parah).
  • Beri tahukan pada dokter Anda bila Anda sedang dalam keadaan hamil, atau sedang dalam rencana untuk hamil atau dalam masa menyusui. Bila Anda hamil ketika menerima Aldesleukin maka hubungi dokter Anda. Anda seharusnya sedang tidak menyusui pada saat menerima obat ini.

Apakah obat Aldesleukin aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A= Tidak berisiko, B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C=Mungkin berisiko, D=Ada bukti positif dari risiko, X=Kontraindikasi, N=Tidak diketahui)

Tidak diketahui apakah Aldesleukin masuk ke dalam ASI atau obat tersebut bisa membahayakan bayi yang sedang disusui oleh ibu yang menerima pengobatan dengan Aldesleukin. Katakan pada dokter Anda bila Anda sedang menyusui bayi.

Efek Samping

Apa efek samping Aldesleukin yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda bila Anda mengalami efek samping serius seperti berikut ini:

  • Mengantuk berat
  • Perasaan seperti Anda akan pingsan
  • Nyeri dada, detak jantung cepat atau berdebar
  • Hidung meler atau tersumbat, batuk, napas dan detak jantung cepat, kesulitan bernapas, pembengkakan dan nyeri di bagian manapun dari tubuh Anda
  • Masalah dengan penglihatan, kemampuan berbicara dan koordinasi tubuh
  • Perubahan mood atau perilaku, kebingungan, agitasi dan halusinasi
  • Kejang
  • Pembengkakan, kenaikan berat badan dengan cepat
  • Tinja hitam atau berdarah
  • Kencing lebih sedikit dari biasanya atau malah tidak sama sekali
  • Ruam dan kulit melepuh
  • Sakit kuning (menguningnya mata atau kulit)
  • Tanda-tanda terjadinya infeksi seperti demam, menggigil, sakit tenggorokan, gejala flu, mudah memar atau perdarahan (mimisan, gusi berdarah), mual dan muntah, sariawan, rasa lemah yang tidak biasa.

Efek samping yang kurang serius, termasuk:

  • Nyeri perut ringan
  • Perasaan lelah
  • Mengantuk, pusing, gelisah
  • Diare, kehilangan nafsu makan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Aldesleukin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Menerima Aldesleukin dengan obat lain yang membuat Anda mengantuk atau memperlambat pernapasan Anda dapat meningkatkan efek ini. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum mengambil Aldesleukin dengan pil tidur, obat nyeri narkotik, penenang otot, atau obat untuk kegelisahan, depresi, atau kejang.

Aldesleukin dapat membahayakan ginjal Anda. Efek ini meningkat bila Anda juga menggunakan obat-obatan tertentu lainnya, termasuk: antivirus, kemoterapi, suntikkan antibiotik, obat untuk gangguan usus, obat untuk mencegah penolakan transplantasi organ, dan beberapa obat penghilang rasa sakit atau obat arthritis (termasuk aspirin, Tylenol, Advil, dan Aleve).

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Aldesleukin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Aldesleukin?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Tes fungsi paru abnormal
  • Tes stress thalium abnormal
  • Arrhythmia (masalah ritma jantung) tidak terkendali atau tidak responsif
  • Nyeri dada (dengan perubahan EKG), konsisten dengan angina atau serangan jantung
  • Penyakit jantung (misalnya, cardiac tamponade)
  • Intubasi selama lebih dari 72 jam
  • Gagal ginjal (memerlukan dialisis selama lebih dari 72 jam)
  • Penyakit mental (misalnya, koma atau psikosis selama lebih dari 48 jam)
  • Organ allograft
  • Kejang, berulang atau tidak terkendali
  • Masalah pada perut atau usus (misalnya, perdarahan yang membutuhkan operasi, penyumbatan, perforasi)
  • Ventricular tachycardia (masalah irama jantung abnormal), berkelanjutan – Sebaiknya tidak diberikan pada pasien dengan kondisi ini.
  • Reaksi alergi (misalnya, sindrom Stevens-Johnson)
  • Penyakit autoimun (misalnya, bullous pemphigoid, inflamasi arthritis, scleroderma  
  • Cerebral Vaskulitis
  • Cholecystitis (peradangan atau pembengkakan kantong empedu)
  • Penyakit Crohn
  • Diabetes
  • Masalah pada mata (misalnya, oculo-bulbar myasthenia gravis)
  • Hypercalsemia (kalsium yang tinggi dalam darah)
  • Hipotensi (tekanan darah rendah)
  • Penyakit ginjal (misalnya, crescentic IgA glomerulonephritis)
  • Penyakit hati
  • Penyakit paru
  • Kejang, memiliki riwayat pernah mengalami kejang
  • Penyakit Thyroid – Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • Infeksi – Mungkin menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Aldesleukin untuk dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Renal Cell Carcinoma

0,037 mg/kg dengan infus IV setiap 8 jam

Infus dapat diberikan setiap 8 jam untuk maksimal 14 dosis. Selanjutnya 9 hari istirahat, jadwal dapat diulang selama 14 dosis, sampai maksimum 28 dosis per terapi, dengan penyesuaian.

Dosis dewasa biasa untuk Malignant Melanoma

0,037 mg/kg dengan infus IV setiap 8 jam

Infus dapat diberikan setiap 8 jam untuk maksimal 14 dosis. Selanjutnya 9 hari istirahat, jadwal dapat diulang selama 14 dosis, sampai maksimum 28 dosis per saja, dengan penyesuaian.

Berapa dosis obat Aldesleukin untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi selanjutnya.

Dalam dosis dan sediaan apa Aldesleukin tersedia?

Bubuk bebas pengawet liofilisasi untuk pemulihan 22 juta unit (1,3 mg) botol (18 juta unit [1,1 mg] per mL ketika dilarutkan)

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis meliputi:

  • Kejang
  • Denyut jantung cepat atau tidak teratur
  • Koma
  • Frekuensi uang air kecil menurun
  • Pembengkakan dari wajah, lengan, tangan, kaki, pergelangan kaki, atau kaki yang lebih rendah
  • Kelelahan yang tidak biasa atau tubuh merasa lemah
  • Sakit perut
  • Muntah yang berdarah atau terlihat seperti bubuk kopi
  • Darah dalam tinja
  • Tinja berwarna hitam

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

source : https://hellosehat.com/obat/aldesleukin/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

99 − 92 =