Let’s travel together.

Ajaibnya Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu Masa Kehamilan

0 3

Ajaibnya Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu Masa KehamilanSebagai calon orang tua mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu di dalam kandungan tentu akan membuat kita bahagia, apalagi jika sang janin berkembang dengan sangat baik. Perkembangan janin dalam kandungan diawali dari proses fertilisasi atau pembuahan yang terjadi dalam saluran telur (tuba falopi) ketika satu sel sperma masuk dan membuahi sel telur dari seorang perempuan. Setelah proses ini sel telur akan disebut sebagai zigot yang akan bergerak ke dalam rahim untuk tumbuh dan berkembang selama 9 bulan disana. Inilah langkah awal perkembangan janin dalam rahim yang akan kita bahas di dalam artikel ini, perkembangan janin ini dapat anda ketahui melalui sejumlah pemeriksaan dari dokter kandungan dengan alat bantu seperti USG. Mari kita simak pembahasannya!

Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu, Mulai dari Ovulasi hingga Persalinan

Proses perkembangan janin dari minggu ke minggu memang begitu luar biasa, tidak hanya bertambah besar dan panjang semua organ seperti otak, jantung, paru-paru dan lain-lain berkembang dengan pesat hanya dalam waktu 9 bulan. Hebat bukan? Untuk itu mari kita simak bagaimana perkembangan janin dari minggu ke minggu ini!

1. Minggu ke-2 dan ke-3

Sebagai wanita hamil anda pasti pernah ditanya oleh dokter atau bidan mengenai kapan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) saat melakukan pemeriksaan kehamilan. Hal ini karena tenaga kesehatan menggunakan tanggal HPHT ini sebagai acuan usia kandungan anda, mengingat proses pelepasan sel telur (ovulasi) pada setiap wanita bisa berbeda dan kapan sel sperma membuahi sel telur tersebut pun tidak bisa dipastikan.

Untuk itu, pada minggu ke-2 dan ke-3 kehamilan sebenarnya merupakan saat dimana proses ovulasi terjadi hingga berlanjut dengan proses pembuahan. Setelah proses ovulasi, dalam tubuh semua wanita terjadi peningkatan hormon estrogen dan progesteron untuk mempersiapkan rahim anda apabila nanti terjadi pembuahan. Apabila selama periode 2 minggu ini, tidak terjadi proses pembuahan maka lapisan rahim yang sebelumnya sudah dipersiapkan akan luruh dan keluar sebagai haid.

2. Minggu ke-4

Selanjutnya pada usia 4 minggu, janin anda berukuran seperti kecambah dan kecambah yang disebut embrio ini telah berada di dalam rahim. Embrio terdiri dari 3 lapisan penting awal dari perkembangan janin dari minggu ke minggu selanjutnya. Lapisan atas akan membentuk otak dan sistem saraf, lapisan tengah akan berkembang menjadi jantung dan pembuluh darah dan lapisan bawah akan bertanggungjawab terhadap pembentukan paru-paru, sistem pencernaan dan juga sistem urinarius. Plasenta yang berfungsi sebagai penyalur nutrisi bagi janin anda juga sudah mulai terbentuk.

3. Minggu ke-5

Saat ini janin anda sedang mengalami perkembangan pesat untuk organ-organ penting seperti jantung, ginjal dan hati. Saat ini jantung janin anda sudah mulai dapat memompa darah loh walaupun ukurannya mungkin baru 0,25 cm.

4. Minggu ke 6-7

Saat ini janin di dalam kandungan anda sudah memiliki detak jantung sekitar 150 kali per menit yang 2 kali lebih cepat dari detak jantung orang dewasa. Sekarang kepala sang janin tampak lebih besar dari tubuhnya, dengan bintik hitam yang akan menjadi mata. Selain itu otot, tulang dan kelenjar sang bayi sudah mulai berkembang begitu pula dengan kaki dan tangannya yang mungil.

5. Minggu ke 8-9

Saat ini ukuran janin anda sudah sebesar buah anggur dan sudah mulai bisa bergerak di dalam rahim walaupun belum bisa anda rasakan. Sebagaian besar organ di dalam tubuh janin anda juga telah berkembang dengan pesat.

6. Minggu ke-10 hingga ke-13

Inilah merupakan tahap-tahap akhir perkembangan janin dari minggu ke minggu pada trimester I dan merupakan tahap penting karena sebagian besar organ penting seperti pembuluh darah harus sempurna pada akhir minggu ke-13 ini. Selain organ-organ penting, kaki dan tangan janin anda sudah dapat menekuk, jari-jarinya dapat membuka juga menutup namun saat ini kulit sang janin masih terlihat transparan.

7. Minggu ke 14-20

Saat ini organ-organ penting yang telah terbentuk sebelumnya seperti otak dan ginjal sudah dapat bekerja sendiri. Dan pada usia ini jenis kelamin janin anda sudah bisa ditentukan melalui pemeriksaan USG. Selain itu pada usia 16 minggu pergerakan sendi mereka sudah sangat baik, untuk itulah anda bisa merasakan ia menendang-nendang perut anda saat ini. Selanjutnya pada minggu ke-19, perkembangan panca indera sang janin mulai terjadi untuk itu anda sudah bisa melatih pendengaran mereka dengan mendengarkan musik-musik tertentu.

8. Minggu ke 21-27

Saat ini perkembangan janin dalam rahim anda sudah mulai mirip bayi pada umumnya, pada akhir trimester kedua ini janin anda sudah memiliki alis, bibir, mata dan rambut yang lebih jelas serta kulit janin sudah terwarna karena terbentuknya lemak di bawah kulit mereka. Sang janin juga sudah mulai melakukan gerakan bernafas dan memiliki pola tidur yang teratur.

9. Minggu ke 28-31

Memasuki trimester ketiga, hampir keseluruhan sistem organ dan panca indera sang janin sudah terbentuk dengan baik. Penglihatan dan juga fungsi paru-paru janin anda sudah lebih baik. Saat ini janin akan lebih fokus pada pertumbuhan mereka, ukuran janin anda sudah bisa mencapai ukuran sebuah kelapa dengan berat berkisar 1,5 kilogram. Anda juga mungkin akan merasakan pergerakan janin menjadi sedikit berkurang pada akhir minggu ke-31, hal ini disebabkan oleh ukuran tubuh mereka yang sudah semakin besar dan ruang di dalam rahim anda semakin sempit.

10. Minggu ke 32-35

Mulai saat ini sebagai seorang wanita hamil anda akan mulai merasakan peningkatan berat badan setengah kilo per minggu karena calon bayi anda sedang meningkatkan berat dan panjang badannya agar optimal saat lahir. Pada usia 32 minggu, jika bayi anda laki-laki maka organ reproduksinya (kedua testis) sudah turun dari dalam rongga perut ke dalam kantung testisnya. Pada usia ini juga bayi anda akan mulai berubah posisi dimana kepalanya berada di bagian bawah rahim untuk menghadapi proses kelahirannya ke dunia.

11. Minggu ke-36 hingga lahir

Saat ini bayi anda sepenuhnya sudah siap dilahirkan, semua organ mereka telah siap untuk menghadapi dunia baru di luar kandungan sang ibu.

Perkembangan janin dalam kandungan yang kami sajikan ini merupakan perkembangan yang terjadi secara garis besar pada semua janin, untuk itu anda tetap harus melakukan pemeriksaan kandungan secara teratur untuk mengetahui bagaimana perkembangan janin anda sendiri. Pemeriksaan kandungan di Indonesia diwajibkan untuk dilakukan minimal 4 kali, yakni masing-masing sekali pada trimester 1 dan 2 dan dua kali pada trimester terakhir kehamilan. Demikianlah artikel mengenai perkembangan janin dari minggu ke minggu yang tidak boleh anda lewati ini, semoga kehamilan anda berjalan dengan baik hingga persalinan nanti!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

− 1 = 4