Let’s travel together.

9 Manfaat Pull Up bagi Tubuh (Tidak Hanya Memperkuat Otot)

0 1

CuitanDokter.Com – Arikel tentang 9 Manfaat Pull Up bagi Tubuh (Tidak Hanya Memperkuat Otot) tersedia di situs kami , waktu yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel 9 Manfaat Pull Up bagi Tubuh (Tidak Hanya Memperkuat Otot) yaitu 5-10 menit , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai 9 Manfaat Pull Up bagi Tubuh (Tidak Hanya Memperkuat Otot) kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

Selain push up dan sit up, pull up adalah gerakan olahraga yang umum dipraktikkan. Melakukan gerakan ini secara benar dan rutin, Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat. Apa saja manfaat pull up tersebut? Simak informasinya berikut ini!

manfaat-pull-up-doktersehat

Apa Itu Pull Up?

Pull up adalah gerakan olahraga yang dilakukan dengan cara menggelantungkan tubuh ke sebuah medium tumpuan yang cukup kuat, seperti pull up bar yang memang didesain khusus untuk melakukan gerakan ini. Kemudian dengan menggunakan kedua tangan, tubuh diangkat dan diturunkan secara berulang-ulang. Gerakan yang tentunya sudah tidak asing lagi, bukan?

Pull up merupakan bentuk latihan fisik yang tujuan utamanya untuk melatih kekuatan otot tubuh, terutama otot di bagian tangan dan punggung. Akan tetapi, ada sejumlah manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari gerakan ini apabila dilakukan secara rutin.

Manfaat Pull Up bagi Kebugaran Tubuh

Mudah dan bermanfaat, adalah 2 alasan mengapa Anda perlu melakukan aktivitas olahraga yang satu ini. Berikut manfaat pull up yang perlu Anda ketahui.

1. Memperkuat Otot Punggung

Manfaat yang pertama—dan paling utama—dari pull up adalah untuk memperkuat otot punggung. Bagian-bagian dari otot punggung yang dimakud adalah sebagai berikut:

  • Infraspinatus, adalah otot punggung yang letaknya ada di tulang belikat.
  • Latissimus dorsi, adalah otot punggung yang ukurannya paling besar. Otot ini membentang dari punggung bagian tengah hingga ke bawah ketiak dan tulang belikat.
  • Trapezius, adalah otot punggung yang lokasinya berada di leher bagian belakang hingga bahu.
  • Thoracic erector spinae, adalah otot punggung yang terdiri dari 3 (tiga) otot dan membentang sepanjang tulang belakang.

2. Memperkuat Otot Lengan dan Bahu

Manfaat yang kedua dari melakukan gerakan olahraga satu ini adalah untuk memperkuat otot-otot yang ada pada lengan dan bahu.

Hal ini dikarenakan gerakan tersebut berpusat pada kedua bagian tubuh tersebut. Jadi, Anda yang ingin membentuk dan memperkuat lengan dan bahu sebaiknya mulai melakukan gerakan ini secara rutin mulai dari sekarang.

Di awal-awal, Anda mungkin belum bisa menerapkan gerakan ini secara optimal. Oleh sebab itu, jangan terburu-buru dan lakukan secara perlahan-lahan dalam durasi yang singkat. Jika sudah mulai terbiasa, Anda bisa menambah intensitas latihannya.

3. Meningkatkan Kekuatan Genggaman Tangan

Meningkatkan kekuatan genggaman tangan menjadi manfaat pull up yang ketiga dari aktivitas olahraga sederhana ini.

Itu karena saat melakukannya, bagian telapak tangan Anda akan menggenggam pull up bar dengan kuatnya guna menahan tubuh. Jika dilakukan secara benar dan rutin, tingkat kekuatan genggaman tangan Anda pasti akan bertambah.

Memiliki genggaman tangan yang kuat tentu menjadi hal yang cukup berguna, terlebih untuk Anda yang sering melakukan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan kekuatan genggaman tangan seperti bermain golf, bulu tangkis, atau membawa barang-barang berat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain otot, gerakan olahraga ini juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda, lho!

Menurut sejumlah penelitian, gerakan-gerakan olahraga yang bertujuan untuk melatih kekuatan seperti pull up ini juga efektif dalam membantu perkembangan tulang, pun menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat.

Agar manfaat pull up yang satu ini benar-benar terasa, lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Pastikan juga untuk melakukan gerakannya dengan benar guna menghindari cedera.

5. Merawat Kesehatan Jantung

Manfaat pull up lainnya yang tak kalah penting adalah untuk merawat kesehatan jantung dan meminimalisir organ kardiovaskular ini dari mengalami gangguan kesehatan yang bisa mengancam keselamatan jiwa.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 silam. Menurut penelitian tersebut, jenis latihan seperti pull up dapat membantu mengendalikan tekanan darah, pun menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’. Sebagaimana diketahui, kedua faktor tersebut merupakan pemicu utama dari penyakit jantung.

6. Meminimalisir Nyeri Akibat Radang Sendi

Masih dari penelitian yang sama, gerakan pull up ternyata juga efektif untuk meminimalisir gejala nyeri pada punggung bagian bawah yang mana rasa nyeri tersebut muncul sebagai akibat dari penyakit arthritis atau radang sendi maupun kondisi lainnya yakni fibromyalgia.

Akan tetapi, manfaat pull up ini hanya sekedar untuk meredakan gejala nyeri yang ditimbulkan. Sedangkan pengobatan radang arthritis dan fibromyalgia memerlukan metode khususnya sendiri.

7. Mencegah Diabetes

Melakukan pull up secara rutin juga diklaim dapat membantu Anda terhindari dari jenis penyakit berbahaya lainnya yakni diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

Sedangkan apabila Anda sudah telanjur menderita diabetes tipe 2, maka pull up membantu untuk mengontrol kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh tetap ideal.

Kendati demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menerapkan gerakan olahraga yang satu ini. Pasalnya, ada kondisi di mana penderita diabetes tidak bisa melakukan pull up dikarenakan malah dapat membahayakan diri.

8. Meningkatkan Kesehatan Mental

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 mengatakan jika manfaat pull up—beserta olahraga kekuatan lainnya—juga untuk meningkatkan kesehatan mental, dan membantu seseorang untuk mengatasi gangguan-gangguan mental seperti:

  • Cemas
  • Stres
  • Depresi
  • Rasa lelah

Kendati bukti ilmiah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun tak ada salahnya Anda melakukan pull up untuk membantu meredakan stres dan kawan-kawannya tersebut.

9. Menambah Kepercayaan Diri

Terakhir dari kegunaan melakukan pull up secara rutin adalah untuk meningkatkan kepercayan diri Anda.

Memiliki tubuh yang atletis secara tidak langsung turut membuat Anda bertambah ‘pede’ untuk tampil di muka umum, bukan?

Baca Juga: 7 Manfaat Push Up Bila Dilakukan Secara Rutin

Cara Melakukan Pull Up yang Benar

Semua manfaat pull up di atas tidak akan—atau sulit—untuk Anda dapatkan apabila gerakan ini tidak dilakukan secara benar dan rutin. Oleh sebab itu, simak tips atau cara melakukan pull up yang benar berikut:

  • Sediakan pull up bar yang kokoh agar bisa menahan tubuh Anda dengan baik.
  • Gunakan pakaian olahraga yang longgar guna memudahkan pergerakan.
  • Lompat dan genggam pull up bar dengan kuat.
  • Perlahan-lahan, tarik tubuh Anda ke atas hingga dada mendekati pull up bar yang digenggam.
  • Saat mengangkat tubuh, pastikan bahu tetap berada di belakang dan lebih rendah dari pull up bar guna menghindari cedera.
  • Kaki tetap dalam keadaan lurus.
  • Setelah itu, turunkan tubuh secara perlahan.
  • Ulangi gerakan sebanyak yang Anda bisa.

 

  1. Anonim. 10 Benefits of Pull Ups That Will Have You Reaching For The Sky. https://www.fitandme.com/benefits-of-pull-ups/ (Diakses pada 10 April 2020)
  2. Chertoff, J. 2019. The Benefits of Pull Ups. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefit-of-pull-up#for-your-body (Diakses pada 10 April 2020)
  3. Wescott, WL. 2012. Resistance training is medicine: effects of strength training on health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22777332 (Diakses pada 10 April 2020)

Artikel Asli :https://doktersehat.com/manfaat-pull-up/

Leave A Reply

Your email address will not be published.