Let’s travel together.

9 Cara Keramas yang Benar agar Rambut Indah dan Sehat

0 2

CuitanDokter.Com – Arikel tentang 9 Cara Keramas yang Benar agar Rambut Indah dan Sehat tersedia di situs kami , waktu yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel 9 Cara Keramas yang Benar agar Rambut Indah dan Sehat yaitu 5-10 menit , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai 9 Cara Keramas yang Benar agar Rambut Indah dan Sehat kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

Keramas adalah cara paling sederhana untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala. Anda mungkin melakukannya setiap beberapa hari sekali, namun apakah Anda sudah keramas dengan cara yang benar? Ketahui cara keramas yang benar, tips memilih sampo, cara merawat rambut, dll.

cara-keramas-yang-benar-doktersehat

Manfaat Keramas bagi Kesehatan Rambut

Manfaat keramas adalah untuk secara efektif membersihkan rambut dari kotoran, serpihan debu, bakteri, keringat, dan bau yang menempel di rambut. Keramas juga membantu agar kulit kepala tetap sehat dan bersih dari produksi minyak berlebih atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous.

Keramas dapat menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut. Rambut yang terlalu lembap akan memicu kerusakan rambut serta rambut akan terlihat berminyak, lemas, dan kotor. Sebagian besar bahan utama sampo dirancang untuk mengatasi minyak rambut berlebih agar rambut terlihat sehat, bersih, dan indah lebih lama.

Walaupun demikian, terlalu sering keramas dapat membuat rambut Anda kering. Menurut asisten profesor dermatologi dari David Geffen School of Medicine di Universitas California, semakin sering keramas maka kandungan sampo akan semakin banyak memerangkap minyak alami rambut dan menyebabkan rambut  kering dan mudah rusak.

Cara Kerja Sampo untuk Rambut

Sampo mengandung bahan kimia surfaktan atau surface active agent untuk membersihkan kotoran dari kulit kepala dan rambut. Beberapa jenis sampo juga mengandung sulfat yang menghasilkan busa melimpah untuk mengatasi minyak berlebih dari rambut.

Kombinasi bahan aktif sampo ini membantu untuk menutrisi dan melembapkan rambut, namun beberapa orang mungkin memiliki produk sampo bebas sulfat untuk menjaga kesehatan rambut.

Cara Keramas yang Benar

Keramas mungkin telah menjadi rutinitas Anda setiap beberapa hari sekali, namun cara keramas yang salah mungkin malah akan membuat rambut jadi kering dan lebih merusak rambut.

Ketahui cara keramas yang baik dan benar, berikut ini:

1. Persiapan Sebelum Keramas

Sisir rambut Anda sebelum keramas. Ini mungkin terdengar tidak biasa, namun merapikan rambut yang kusut sebelum keramas akan memudahkan rambut untuk diatur setelahnya.

Apabila Anda baru menyisir rambut setelah keramas, itu akan membuat rambut rontok lebih banyak. Selain itu, menyisir rambut dalam keadaan basah tidak dianjurkan karena akan menekan dan merusak rambut.

Bila perlu, Anda juga dianjurkan untuk mengaplikasikan vitamin atau pelembap rambut 15 menit sebelum keramas untuk memaksimalkan nutrisi rambut sehingga Anda tidak perlu menggunakan kondisioner lagi setelah keramas.

2. Mengetahui Jenis Rambut

Penting untuk mengetahui jenis rambut dan kulit kepala Anda sehingga Anda dapat memilih sampo yang tepat. Setiap jenis sampo ditujukan untuk jenis dan masalah rambut yang berbeda. Apabila Anda tidak mengetahui jenis rambut Anda, maka besar kemungkinan Anda akan memilih sampo yang salah.

Baca Juga: 14 Masker Rambut yang Bisa Membuat Rambut Tampak Sempurna!

3. Memilih Sampo yang Tepat

Berikut ini adalah panduan memilih sampo yang tepat berdasarkan jenis rambut, yaitu:

  • Rambut Halus: Pilih sampo dengan label ‘volumizing’ untuk menambah volume rambut.
  • Rambut Keriting: Pilih sampo khusus untuk rambut kering agar rambut keriting Anda tidak terlihat kusut dan rusak.
  • Rambut Kering: Pilih sampo yang mengandung pelembap intensif atau yang memiliki emolien minyak alami seperti minyak alpukat, minyak alpukat, dll.
  • Rambut Berminyak: Pilih sampo khusus rambut berminyak tanpa kandungan tinggi pelembap.
  • Rambut Berketombe: Rambut berminyak memiliki masalah umum ketombe, pilih sampo khusus anti ketombe dengan kandungan ketoconazole, zinc pyrithione, atau selenium sulfide.
  • Rambut Berwarna: Pilih sampo khusus yang tidak memudarkan warna rambut. Rambut berwarna membutuhkan perawatan yang lebih maksimal.

Setelah Anda menemukan jenis sampo yang tepat, Anda dapat memilih berbagai produk rambut yang menurut Anda paling efektif untuk keindahan rambut Anda.

4. Basahi Rambut

Tahap awal keramas adalah dengan membasahi seluruh bagian kepala. Anda dianjurkan untuk menggunakan air hangat. Air hangat akan membuka kutikula rambut dan saat Anda membilasnya dengan air dingin, itu akan membantu mengunci kelembapan rambut lebih lama.

Tidak dianjurkan untuk membasahi rambut dengan air panas karena akan membuat tekstur rambut menjadi kering walaupun Anda menggunakan sampo dan kondisioner yang memiliki efek kelembapan tinggi.

5. Gunakan Sampo Secukupnya

Tuangkan sampo ke telapak tangan secukupnya sekitar ukuran satu sendok teh atau sesuaikan dengan ketebalan dan panjangnya rambut Anda. Jangan menuangkan sampo langsung ke kepala karena Anda akan menuangkannya berlebihan dan merusak kutikula rambut, membuat rambut lebih kering serta kusut.

6. Teknik Keramas yang Baik dan Benar

Anda mungkin berpikir bahwa keramas tidak memerlukan teknik apa-apa, namun ada beberapa cara keramas yang baik dan benar yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut:

  • Tuang sampo ke telapak tangan.
  • Oleskan sampo dari atas kepala ke bagian belakang kepala.
  • Usapkan sampo dengan lembut melalui sisa rambut Anda ke seluruh bagian rambut.
  • Pijat kepala dengan lembut dari akar rambut menggunakan jari-jari selama 1-2 menit, bukan kuku Anda karena mungkin akan melukai kulit kepala.
  • Setelah Anda rasa cukup dan memberikan relaksasi, hentikan.
  • Bilas rambut dengan air dingin hingga bersih.

Teknik terpenting saat keramas adalah saat Anda memijat kepala karena pada tahap itu Anda tidak hanya membersihkan kulit kepala, namun juga meningkatkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan rambut.

7. Cara Membilas Rambut

Anda tidak perlu keramas sampai dua kali dalam satu waktu kecuali jika rambut Anda sangat kotor. Setelah satu kali keramas, bilas dengan air dingin untuk mengunci kelembapan rambut. Jangan membilas dengan air hangat karena akan membuat rambut kering. Bilas hingga sisa-sisa sampo hingga bersih.

Baca Juga: 7 Penyebab Kerusakan Rambut dan Penangannya yang Tepat

8. Menggunakan Kondisioner

Apabila Anda ingin melanjutkannya dengan menggunakan kondisioner, aplikasikan kondisioner sama seperti teknik menggunakan sampo namun diamkan kondisioner pada rambut Anda selama 2-4 menit. Lebih lama lebih baik.

Anda dianjurkan untuk menggunakan kondisioner setidaknya satu kali dalam satu minggu untuk mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut rapuh, rontok, atau tekstur rambut kasar.

9. Setelah Keramas

Rambut basah memiliki sifat sensitif. Hindari menggosokkan rambut dengan handuk sampai kering. Anda cukup membasuhnya dengan handuk karena handuk sudah menyerap air tanpa Anda harus membungkus dan memeras rambut bolak-balik.

Anda boleh menyisir rambut dengan lembut dalam keadaan setengah basah, namun jangan menarik atau menyisir paksa rambut yang basah karena akan memicu kerontokan lebih banyak daripada rambut dalam keadaan kering. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan vitamin rambut untuk mendukung kecantikan rambut.

Itulah cara keramas yang benar agar rambut indah dan sehat. Beberapa orang mungkin terlalu menggosok atau menarik rambut saat keramas sehingga merusak kutikula kulit kepala dan memicu kerusakan rambut.

Seberapa Sering Anda Harus Keramas?

Ini mungkin pertanyaan klasik yang selalu Anda tanyakan, seberapa sering Anda harus keramas? Rata-rata setiap orang biasanya keramas setiap 2-3 hari sekali, namun kebutuhan keramas setiap orang mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis dan masalah rambut yang mendasarinya.

Berikut ini adalah jadwal keramas yang direkomendasikan sesuai dengan jenis rambut, yaitu:

  • Kulit Kepala Berminyak: Orang dengan jenis rambut berminyak tidak perlu keramas setiap hari karena mereka memiliki kelembapan alami.
  • Rambut Berkeringat: Apabila Anda memiliki aktivitas tinggi hingga kulit kepala terasa berkeringat, Anda mungkin harus keramas lebih sering.
  • Rambut Lurus dan Berminyak: Anda harus keramas setiap hari.
  • Rambut Normal: Tipe rambut normal, cenderung kering, atau bergelombang dapat keramas setiap 2-3 hari.
  • Rambut Alami: Rambut alami memerlukan perawatan yang mudah, mungkin hanya beberapa kali setiap bulan.

Seberapa kali Anda harus keramas juga bergantung pada usia Anda. Semakin dewasa, kelenjar minyak (sebaceous) menghasilkan lebih sedikit dan mungkin Anda tidak perlu keramas sesering sebelumnya.

Baca Juga: 9 Penyebab Ketombe, Ternyata Bukan karena Rambut Kotor

Tips Keramas yang Benar

Berikut ini adalah tips keramas yang baik dan benar, yaitu:

  • Hindari menggosok sampo di rambut agar busa lebih banyak karena itu akan merusak rambut dan membuat rambut jadi keriting.
  • Cukup pijat lembut sampo ke kulit kepala maka busa sampo akan muncul secara otomatis.
  • Jangan mengoleskan kondisioner ke kulit kepala terutama bila kulit kepala Anda berminyak, namun oleskan ke rambut.
  • Bila rambut Anda berminyak, segera dicuci. Rambut berminyak yang tidak diurus akan memicu jerawat di kulit yang terkena rambut.
  • Gunakan kondisioner atau sampo yang sudah mengandung kondisioner.
  • Jangan keramas menggunakan air panas.
  • Bila rambut Anda tidak diwarnai, jangan menggunakan sampo khusus rambut diwarnai.
  • Jangan mengeringkan rambut ketika masih basah.
  • Jangan menggosok handuk ke rambut Anda untuk mengeringkannya.

Itulah tips dan cara keramas yang benar. Mencuci rambut secara berkala sangat penting untuk kesehatan dan penampilan Anda. Anda dapat menggunakan sampo dan menentukan kapan Anda harus keramas berdasarkan jenis, gaya, dan usia Anda.

Mencuci rambut sangat penting untuk penampilan keseluruhan Anda, tetapi juga merupakan praktik perawatan diri. Anda mungkin perlu mencuci rambut setiap hari, beberapa kali per minggu, atau beberapa kali per bulan. Itu semua tergantung pada jenis rambut, gaya, dan usia Anda.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

  1. Cherney, Kristeen, PhD. 2019. How to Wash Your Hair Properly. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/washing-hair. (Diakses pada 21 Februari 2020).
  2. Villines, Zawn. 2017. Should you wash your hair everyday?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319848. (Diakses pada 21 Februari 2020).
  3. Shapiro, Bee. 2017. There Is a Right Way to Wash Your Hair. https://www.nytimes.com/2017/04/24/fashion/how-to-wash-your-hair.html. (Diakses pada 21 Februari 2020).
  4. Watson, Stephanie. 2012. Your Guide to Shampoo and Conditioners. https://www.webmd.com/beauty/features/hair-washing#3. (Diakses pada 21 Februari 2020).
  5. Birch, Jenna. 2015. How Often Do I Need to Shampoo?. https://www.webmd.com/beauty/features/how-often-wash-hair#3. (Diakses pada 21 Februari 2020).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/cara-keramas-yang-benar/

Leave A Reply

Your email address will not be published.