Let’s travel together.

7 Tanda Sakit Punggung Kanan Atas yang Merupakan Kondisi Serius

0 3

Sakit punggung sebelah kanan atas adalah kondisi umum yang bisa dialami oleh semua orang, dari segala usia, dengan penyebab yang berbeda. Sakit punggung sering membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas Anda. Seiring bertambahnya usia Anda, peluang mengalami sakit punggung mungkin akan meningkat, karena faktor pekerjaan sebelumnya dan usia. Sakit punggung sebelah kanan atas biasanya terjadi karena gangguan aorta, tumor di dada, dan peradangan tulang belakang. Gejala sakit punggung sebelah kanan atas bisa berbeda tergantung penyebab dan kondisinya.

Tanda dan gejala sakit punggung sebelah kanan atas yang menjadi kondisi serius

Sakit punggung biasanya tidak serius dan dapat sembuh dalam beberapa minggu dengan pengobatan dan pola hidup yang tepat. Namun, beberapa kondisi mungkin bisa menyebabkan penyakit yang cukup serius. Beberepa kondisi yang serius, biasanya menyebabkan sakit punggung sebelah kanan atas cukup lama dan disertai gejala lain. Jika sudah begini, Anda perlu mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Berikut tanda dan gejala sakit punggung sebelah yang mengindikasikan kondisi cukup serius.

1. Demam

Flu mungkin terjadi saat Anda sakit punggung sebelah kanan atas, tapi ini tidak lama. Dalam kasus tertentu, sakit punggung sebelah yang parah disertai demam, mati rasa atau kesemutan di lengan dapat berasal dari infeksi tulang belakang.

Beberapa faktor risiko yang memicu gejala ini adalah jika Anda mengalami imununosupresi, memiliki kanker atau diabetes, atau obesitas.

Jika dokter Anda berpikir Anda mungkin memiliki infeksi tulang belakang, dokter mungkin akan menyarankan Anda melakukan tes pencitraan seperti X-ray, CT, atau MRI scan. Obat-obatan antibiotik atau antijamur dapat mengobati kondisi ini.

2. Kaki melemah

Jika Anda merasakam sakit punggung sebelah atas kanan dengan mati rasa atau kaki dan lengan menjadi lemah, mungkin ini adalah gejala cedera neurologis dan radang sendi.

3. Nyeri bergerak dari dada ke punggung Anda

Salah satu penyebab utama nyeri punggung adalah kondisi yang disebut costochondritis. Ini adalah kondisi peradangan tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk Anda dengan tulang dada Anda.

Saat mengangkat barang-barang berat, infeksi pernapasan, dan cedera dada dapat terjadi, seringkali sumber rasa sakit tidak jelas. Anda mungkin merasakan sakit yang bergerak dari dada ke punggung sebelah kanan atas Anda.

4. Sakit saat menarik napas dalam

Jika sakit punggung sebelah kanan atas disertai dengan rasa sakit saat menarik napas dalam, ini mungkin adalah tanda dari emboli paru.

Emboli paru adalah penyumbatan yang terjadi di salah satu arteri paru Anda. Dalam banyak kasus, emboli paru disebabkan oleh gumpalan darah beku yang mengalir ke paru-paru dari kaki, atau yang lebih jarang dari bagian tubuh lain (trombosis vena dalam).

Jika sakit punggung Anda semakin parah saat menarik napas dalam-dalam, kehabisan napas, batuk darah, atau merasa lemah, segera hubungi dokter.

5. Sesak napas

Sakit punggung sebelah kanan atas mungkin disebabkan oleh paru-paru yang tertusuk, yang dapat disebabkan oleh cedera. Meskipun kemungkinannya kecil, paru-paru yang tertusuk adalah sesuatu yang perlu Anda ketahui tanda-tanda sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang tepat.

Jika rasa sakit disertai dengan sesak napas atau rasa sakit yang parah saat mengambil napas dalam-dalam, segera cari perawatan medis.

6. Rasa sakit semakin meningkat saat bergerak

Jika Anda baru saja mengalami cedera, seperti kecelakaan atau jatuh dari ketinggian, Anda dapat mengalami patah tulang rusuk. Tergantung bagian mana yang patah, Anda mungkin akan merasakan sakit punggung sebelah kanan atas.

Rasa sakit biasanya muncul dari sedang sampai berat, tetapi akan semakin parah saat Anda bergerak. Periksakan kondisi Anda segera dengan dokter, terutama setelah cedera parah.

7. Rasa sakit semakin parah di malam hari

Sakit punggung sebelah kanan atas juga bisa menjadi gejala dari kanker paru. Kanker paru menyebabkan sakit punggung dengan berbagai cara antara lain tekanan langsung tumor di daerah punggung, tumor mengenai saraf di sekitar punggung, tumor menyebar (bermetastasis) ke tulang di sekitaran punggung. Gejala sakit punggung yang berhubungan dengan kanker paru mungkin memiliki tanda-tanda tertentu termasuk sakit punggung yang semakin parah ketika:

  • di malam hari
  • terjadi tanpa aktivitas
  • saat berbaring di tempat tidur
  • mengambil napas dalam-dalam

Selain itu, sakit punggung yang tidak merespon terapi fisik atau perawatan medis lainnya. Juga, sakit punggung yang disertai dengan batuk terus-menerus, sesak napas, penurunan berat badan tiba-tiba, kelelahan, atau batuk darah.

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

76 − = 73