Let’s travel together.

7 Makanan untuk Bayi yang Baru Tumbuh Gigi

0 0

CuitanDokter.Com – Arikel tentang 7 Makanan untuk Bayi yang Baru Tumbuh Gigi tersedia di situs kami , 5 menit waktu anda yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel 7 Makanan untuk Bayi yang Baru Tumbuh Gigi , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai 7 Makanan untuk Bayi yang Baru Tumbuh Gigi kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

makanan-untuk-bayi-yang-baru-tumbuh-gigi-doktersehat

DokterSehat.Com – Bayi sudah mulai tumbuh gigi di usia 6 bulan. Umumnya, proses tumbuh gigi ini membuat si Kecil sakit, rewel, dan bayi susah makan saat tumbuh gigi. Untuk mengatasinya, ketahui apa saja makanan untuk bayi yang baru tumbuh gigi, tips mengatasi bayi tumbuh gigi, dll.

Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Pertumbuhan gigi bayi umumnya dimulai antara usia 6 hingga 24 bulan yang disertai dengan beberapa gejala, yaitu:

  • Demam
  • Gusi lunak dan bengkak
  • Batuk
  • Diare
  • Pilek
  • Rewel

Tanda bayi tumbuh gigi lainnya adalah bayi Anda jadi sering memasukkan jari ke mulut untuk mengurangi rasa sakit karena gusi terasa gatal dan tidak nyaman.

Gigi bayi disebut juga dengan gigi susu karena gigi-gigi ini diformulasi hanya dari asupan susu saja. Terdapat 20 gigi susu bayi yang tumbuh, berikut ini adalah tahap pertumbuhan gigi bayi, yaitu:

  • Usia 6-10 Bulan: Tumbuh dua gigi depan bagian bawah
  • Usia 8-12 Bulan: Tumbuh dua gigi depan bagian atas
  • Usia 9-13 Bulan: Tumbuh dua gigi masing-masing di sebelah kanan dan kiri gigi depan bagian atas
  • Usia 10-16 Bulan: Tumbuh dua gigi masing-masing di sebelah kanan dan kiri gigi depan bagian bawah
  • Usia 17-31 Bulan: Tumbuh secara perlahan setiap gigi di sebelah kanan dan kiri gigi bagian bawah
  • Usia 16-33 Bulan: Tumbuh secara perlahan setiap gigi di sebelah kanan dan kiri gigi bagian atas

Itulah tahap tumbuh gigi bayi, namun setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda jadi Anda jangan khawatir bila pertumbuhan gigi bayi Anda lebih lambat dari usianya. Yang terpenting adalah Anda harus memberinya nutrisi terbaik untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

Makanan untuk Bayi yang Baru Tumbuh Gigi

Bagaimana perkembangan si Kecil? Apabila bayi Anda baru mengalami proses tumbuh gigi susu, Anda mungkin menemui beberapa tantangan seperti bayi jadi rewel, sering mengiler, sakit, dan tidak mau minum susu atau tidak napsu makan MPASI.

Anda tidak perlu khawatir karena proses tersebut adalah hal yang wajar. Anda harus memahami cara meredakan nyeri gusi serta cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh. Berikut ini adalah makanan yang baik untuk bayi yang baru tumbuh gigi, yaitu:

1. Makanan Dingin

Makanan untuk bayi yang baru tumbuh gigi yang paling ideal adalah makanan dingin. Makanan dingin dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan di gusi bayi saat baru tumbuh gigi.

Anda dapat memberikan bayi Anda yogurt dingin, sup dingin, hummus dingin, atau buah-buahan yang sudah dihaluskan lalu dibekukan. Hindari makanan dengan rasa asam, asin, atau pedas karena itu malah akan membuat gusi bayi semakin sakit dan berbahaya.

Walaupun begitu, Anda harus tetap memantau jenis dan jumlah makanan dingin untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Hindari konsumsi makanan dingin terlalu banyak atau terlalu dingin untuk mengurangi risiko penyakit lain yang mungkin terjadi pada bayi Anda.

2. Makanan Lembut

Berikan bayi Anda jenis makanan lembut untuk membantunya meredakan rasa nyeri, gatal, dan peradangan di gusi karena gigi yang baru tumbuh. Contoh makanan lembut untuk bayi adalah bubur bayi, puree, sup, bubur dari sayuran, dan buah-buahan yang dihaluskan.

Anda dianjurkan untuk tidak memberikan makanan lembut yang hangat atau panas, karena itu akan membuat gusi bayi terasa lebih sakit. Sebaiknya, dinginkan beberapa saat resep makanan untuk bayi yang baru tumbuh gigi.

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Bunda Kenali

3. Makanan Bertekstur Keras

Sebagian bayi lainnya lebih menyukai makanan yang memiliki tekstur agak keras saat baru tumbuh gigi. Tanda bayi baru tumbuh gigi adalah gusi bayi gatal setiap saat, sehingga makanan bertekstur keras memberinya sensasi seperti gusi sedang digaruk.

Anda dapat memberi bayi yang baru tumbuh gigi potongan mentimun atau wortel untuk dikunyah apabila bayi Anda sudah mulai diperkenalkan makanan padat, namun Anda harus berhati-hati jangan sampai bayi tersedak.

4. Makanan Beku

Makanan beku akan memberikan sensasi kebas di gusi sehingga dapat meredakan rasa nyeri, sakit, bengkak, dan gatal gusi pada bayi yang baru tumbuh gigi.

Makanan yang baik untuk bayi yang baru tumbuh gigi adalah buah yang dibekukan, seperti pisang beku, blueberry beku, alpukat halus yang dibekukan, dan pilih buah-buahan yang manis. Hindari buah jeruk karena rasa asamnya akan meningkatkan rasa nyeri dan peradangan gusi.

5. Sup

Sup adalah pilihan makanan paling ideal untuk bayi di masa MPASI. Sup juga dianjurkan sebagai makanan untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Anda dapat membuat berbagai resep sup seperti sup wortel, sup beras merah, sup kentang, atau sup sayuran lembut lainnya.

Salah satu resep makanan untuk bayi yang baru tumbuh gigi adalah sup labu. Labu mengandung vitamin C, A, E, K, fosfor, zat besi, magnesium, kalium, riboflavin, serta kaya akan asam folat.

Berikan bayi Anda sup labu yang lembut, namun dinginkan beberapa saat terlebih dahulu, jangan memberikan makanan panas saat bayi baru tumbuh gigi. Manfaat labu juga untuk menambah kekebalan tubuh bayi agar tetap sehat selama masa tumbuh gigi.

Baca Juga: Tips Meredakan Rewel Bayi yang Tumbuh Gigi

6. Biskuit Khusus

Bila bayi Anda tidak suka makanan dingin, sebaiknya Anda berikan biskuit khusus untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Sekarang ini terdapat berbagai macam produk makanan untuk bayi yang baru tumbuh gigi yang dijual di pasaran.

Biskuit khusus bayi yang baru tumbuh gigi memiliki tekstur yang keras, namun tetap lembut di dalamnya sehingga bayi dengan mudah mengunyah dan menelannya, serta mengurangi risiko bayi tersedak makanan.

Anda harus teliti memilih kandungan biskuit bayi. Jangan berikan bayi biskuit yang mengandung terlalu banyak pemanis buatan, garam, atau rempah-rempah. Bila perlu, Anda dapat membuat sendiri biskuit khusus bayi yang baru tumbuh gigi agar kandungannya lebih aman dan rasa lebih enak.

7. Smoothies

Bayi susah makan saat tumbuh gigi adalah hal yang wajar, jadi Anda harus kreatif membuat resep makanan untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Salah satu pilihan yang ideal adalah smoothies buah. Smoothies buah yang lembut dan dingin dapat membantu meredakan nyeri di gusi bayi Anda dan juga menyehatkan.

Baca Juga: Bunda, Begini Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Tips Mengatasi Bayi yang Baru Tumbuh Gigi

Berikut ini adalah tips mengatasi bayi yang baru tumbuh gigi, yaitu:

  • Berikan makanan yang baik untuk bayi yang baru tumbuh gigi
  • Bersihkan iler bayi setiap saat untuk menghindari risiko iritasi
  • Raba dengan lembut gusi bayi Anda, pastikan tangan Anda bersih
  • Berikan teething toy atau mainan untuk tumbuh gigi yang aman dan bersih
  • Hubungi dokter apabila gejala tumbuh gigi bayi memburuk hingga mengganggu kesehatan bayi

Nah, itulah makanan untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu bunda untuk mengatasi bayi yang baru tumbuh gigi.

 

 

Sumber:

  1. Little Gourmet. 2017. What to feed a teething baby. https://littlegourmetbaby.com/baby-led-weaning-recipe-blog/what-to-feed-teething-baby. (Diakses pada 14 November 2019).
  2. Baby Led Feeding. 2017. 10 WAYS TO HELP YOUR TEETHING BABY. https://www.babyledfeeding.com/10-ways-help-teething-baby/. (Diakses pada 14 November 2019).
  3. Children’s Healthcare of Atlanta. 2017. How to Survive Baby’s Teething. https://www.strong4life.com/en/pages/healthy-eating/articles/how-teething-affects-what-and-how-your-baby-eats. (Diakses pada 14 November 2019).
  4. Circle of Moms. 2011. 7 Ways to Soothe a Teething Baby. https://www.popsugar.com/family/7-Ways-Soothe-Teething-Baby-27330357. (Diakses pada 14 November 2019).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/makanan-untuk-bayi-yang-baru-tumbuh-gigi/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

+ 66 = 68