Let’s travel together.

6 Tips Mencukur Jenggot bagi Pemilik Kulit Mudah Berjerawat

0 3

Mencukur jenggot merupakan tantangan tersendiri bagi pemilik kulit yang mudah berjerawat. Jika tidak berhati-hati, pisau cukur dapat melukai jerawat dan membuatnya bertambah parah. Cara bercukur yang keliru juga dapat memengaruhi kebersihan kulit dan meningkatkan risiko terbentuknya jerawat baru.

Tips bercukur bagi pria yang punya kulit mudah berjerawat

Bercukur dengan adanya jerawat memang gampang-gampang susah. Meski demikian, hal ini sepadan dengan wajah bersih dan segar yang akan Anda dapatkan nanti. Sebagai awalan, berikut adalah sederet tips yang bisa Anda lakukan:

1. Membersihkan wajah

Sumber: Men’s Journal

Membersihkan wajah bermanfaat untuk mengurangi jumlah bakteri dan kotoran pada kulit. Apabila kebersihannya selalu terjaga, kulit wajah Anda tidak akan mudah berjerawat selama mencukur jenggot.

Biasanya, orang yang mudah berjerawat memiliki kulit yang cenderung berminyak. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Untuk itu, bersihkan wajah Anda dengan sabun pembersih khusus kulit berminyak.  Sabun ini akan membersihkan wajah dari minyak berlebih sehingga jerawat tidak bermunculan.

Tepuk-tepuk dengan handuk lembut, lalu lanjutkan menggunakan astringent atau toner. Pilihlah produk mengandung asam salisilat atau glycolic acid yang bisa menghilangkan minyak berlebih. Biarkan kulit wajah mengering sejenak sebelum mulai bercukur.

2. Memilih pisau cukur single atau elektrik

kesalahan-mencukur-jenggot

Beberapa merek alat cukur menggunakan pisau ganda untuk mengoptimalkan hasilnya. Namun, pisau cukur ganda sebenarnya menciptakan lebih banyak gesekan sehingga kulit semakin mudah mengalami iritasi.

Anda yang memiliki kulit berjerawat lebih disarankan menggunakan pisau cukur single atau elektrik untuk mencukur jenggot. Hasilnya mungkin tidak sebaik pisau cukur ganda, tapi jenis pisau ini lebih bersahabat untuk kulit Anda.

3. Tidak mencukur bagian kulit yang berjerawat

Mencukur bagian kulit yang berjerawat tidak akan mempercepat penyembuhannya. Hal ini malah akan melukai kulit, menyebabkan infeksi yang justru bikin jerawat lebih lama sembuh. Akhirnya, Anda justru berisiko memiliki bekas luka.

Jika Anda mendapati jerawat pada kulit saat bercukur, hindari bagian tersebut. Anda hanya perlu mencukur area di sekitar jerawat saja, setidaknya hingga jerawat hilang dan kondisi kulit kembali normal.

4. Bercukur mengikuti arah yang benar

Mencukur jenggot dengan arah yang salah dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam, memicu iritasi, dan membuat kulit lebih mudah berjerawat. Langkah tepat untuk mencegahnya adalah dengan bercukur mengikuti arah tumbuhnya jenggot.

Bercukur melawan arah tumbuhnya jenggot memang dapat memaksimalkan panjang jenggot yang tercukur. Akan tetapi, kebiasaan ini akan turut menarik kulit di sekitar jenggot dan memperparah gangguan kulit yang sudah ada.

5. Bercukur menggunakan trimmer

Bagi orang-orang dengan kulit yang amat sensitif, bercukur dengan pisau cukur yang lembut sekalipun tetap dapat memicu breakout. Jika Anda mengalami masalah serupa, mungkin ini saatnya mengganti pisau cukur dengan trimmer.

Trimmer memang tidak akan mencukur jenggot dengan sempurna, tapi alat ini jauh lebih aman dan lembut bagi pemilik kulit mudah berjerawat. Pasalnya, trimmer tidak menimbulkan gesekan kasar seperti halnya pisau cukur. 

6. Membersihkan wajah setelah bercukur

berapa kali pria harus cuci muka pakai sabun muka

Usai bercukur, bersihkan wajah Anda secara menyeluruh dengan air dingin. Air dingin dapat membantu mencegah peradangan pada kulit wajah akibat gesekan antara pisau cukur dengan kulit.

Kemudian, oleskan gel atau krim pelembap. Pelembap berguna untuk menutup pori-pori dan mengunci kelembapan kulit. Jika Anda hendak bepergian ke luar rumah, jangan lupa menggunakan sunscreen mengandung SPF 30 atau lebih.

Mencukur jenggot akan membuat wajah Anda terasa lebih bersih dan segar. Namun, teknik mencukur jenggot yang keliru serta alat cukur yang kotor justru dapat memperparah kondisi kulit yang mudah berjerawat

Bagi pemilik kulit mudah berjerawat, pastikan Anda selalu membersihkan wajah sebelum bercukur. Pilihlah pisau cukur yang sesuai dengan kondisi kulit Anda, dan bercukurlah mengikuti arah tumbuhnya rambut guna mencegah iritasi.

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

9 + 1 =