Let’s travel together.

6 Manfaat Kuning Telur untuk Wajah Sehat dan Berseri

0 3

6 Manfaat Kuning Telur untuk Wajah Sehat dan BerseriSebagian besar dari Anda mungkin belum tahu tentang manfaat kuning telur untuk wajah yang cantik dan berseri. Benar, kan? Padahal kuning telur selain memiliki manfaat yang cukup besar untuk tubuh karena mengandung protein tinggi, juga berkhasiat dalam merawat wajah.

Seperti yang kita tahu bahwa telur memiliki dua bagian di dalamnya yakni putih telur dan kuning telur. Meskipun keduanya berada dalam tempat yang sama, namun kandungan yang dimilikinya sangatlah berbeda. Untuk kuning telur sendiri, di dalamnya terdapat kandungan protein, kalori, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan yang sangat banyak inilah yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan wajah. Selain itu, kuning telur juga memiliki khasiat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, hingga perkembangan otak.

Inilah Manfaat Kuning Telur untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

Sebenarnya putih telur juga dapat dimanfaatkan untuk merawat wajah. Hanya saja kandungan yang ada di dalamnya tak begitu banyak apabila dibandingkan dengan kuning telur. Untuk perawatan wajah, putih telur biasanya digunakan sebagai masker yang memiliki khasiat mengencangkan kulit wajah. Sedangkan kuning telur memiliki manfaat yang lebih banyak daripada itu. Lantas apa saja manfaat kuning telur untuk wajah? Dari pada penasaran, simak ulasan berikut:

  • Mengatasi Wajah Berjerawat

Jerawat adalah permasalahan yang dialami baik oleh pria maupun wanita. Wajah yang memiliki masalah jerawat membandel tentu akan terlihat lebih kusam dan kotor. Di sinilah Anda dapat mengambil manfaat kuning telur untuk wajah berjerawat.

Seperti yang kita tahu, faktor yang menyebabkan munculnya jerawat adalah karena produksi minyak berlebih di wajah yang akan menyumbat pori-pori kulit sehingga kulit tak dapat bernapas dengan bebas. Masalah inilah yang dapat diatasi dengan kuning telur.

Kuning telur dapat membantu mengangkat kotoran bekas jerawat serta memberikan protein pada kulit sehingga kulit akan tampak lebih mulus. Selain itu, kuning telur juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Dengan begitu, berbagai masalah jerawat dapat diatasi dengan mudah.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat dengan kuning telur adalah sebagai berikut:

    • Kocok kuning telur dalam sebuah wadah hingga keluar busa
    • Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan biarkan hingga kering
    • Bilas dengan air hangat

Lakukan cara ini hingga wajah benar-benar bersih dari jerawat.

Manfaat kuning telur untuk wajah yang kedua adalah membantu wajah mendapatkan kelembaban sehingga wajah akan lebih halus dan lembut. Dengan kata lain, bagi Anda yang memiliki wajah kusam dan kering, kuning telur menjadi bahan kecantikan alami yang dapat Anda manfaatkan.

Dengan kandungan alami yang dimiliki oleh kuning telur juga sangat cocok untuk semua jenis wajah yang sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang terdapat dalam produk kosmetik. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memisahkan kuning dan putih telur. Kemudian oleskan kuning telur secara merata pada seluruh bagian wajah sebagai masker.

Permasalahan lain yang kerap menghinggapi wajah adalah komedo. Munculnya komedo sebenarnya diakibatkan paparan sinar ultraviolet ataupun kotoran yang timbul akibat terlalu sering menggunakan make up. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat mengambil manfaat kuning telur untuk wajah sehingga komedo ataupun bintik-bintik hitam pada wajah dapat dihilangkan secara maksimal.

Adapun cara memanfaatkan kuning telur untuk mengatasi komedo adalah dengan langkah sebagai berikut:

    • Campurkan kuning telur dengan jeruk nipis dalam sebuah wadah
    • Kocok hingga keduanya tercampur merata
    • Oleskah pada bagian wajah yang berkomedo
    • Diamkan hingga masker kuning telur mengering dengan sempurna
    • Bersihkan wajah dengan air hangat hingga tak ada sisa masker yang menempel

Dengan melakukan mudah di atas, maka segala bentuk permasalahan komedo yang muncul dapat segera diatasi secara maksimal.

  • Menyamarkan Kantung Mata Hitam

Adapun manfaat kuning telur untuk wajah yang berikutnya adalah dapat digunakan sebagai masker alami untuk menyamarkan dan menghilangkan kantung mata hitam. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, munculnya kantung mata hitam disebabkan karena kurang tidur atau kelelahan, badan kurang sehat, dan juga dehidrasi. Kantung mata hitam pada wajah tentu saja akan membuat penampilan Anda terlihat kurang maksimal.

Untuk itulah, Anda dapat memanfaatkan masker kuning telur yang nantinya dioleskan pada bagian kantung mata. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengocok kuning telur hingga berbusa. Setelah itu, oleskan pada bagian kantung mata sebelum tidur. Ketika Anda bangun, bersihkan sisa kuning telur dengan air hangat.

  • Mengatasi Kulit yang Terlalu Sensitif

Masalah kulit sensitif memang tak hanya dialami oleh satu dua orang saja. Banyak sekali wanita yang kesulitan dalam merawat wajah karena kulit mereka sensitif terhadap bahan kimia dari produk kosmetik. Untuk itulah, Anda tak perlu lagi khawatir karena tanpa menggunakan kosmetik pun, Anda tetap dapat melakukan perawatan wajah. Solusinya adalah menggunakan masker kuning telur secara rutin. Dengan berbagai manfaat kuning telur untuk wajah, maka pesona alami kulit akan kembali seperti semua.

Untuk manfaat kuning telur yang banyak dicari oleh kaum hawa adalah manfaat berupa obat alami untuk mencegah penuaan dini. Sebagaimana kita sadari bersama bahwa remaja saat ini lebih rentan terkena masalah penuaan dini. Hal ini dapat dikarenakan karena penggunaan make up berlebih atau masalah lain seperti kurang istirahat dan sebagainya.

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh kuning telur akan membantu Anda mengatasi permasalahan yang satu ini. Alasan ini pulalah yang menjadikan mengapa banyak juga produk kosmetik yang menggunakan kuning telur sebagai bahan utamanya.

Adapun beberapa masalah yang dapat diatasi dengan menggunakan kuning telur adalah menghilangkan keriput pada wajah, menghaluskan area sekitar mata, mengatasi kulit kusam dan kering, hingga menghilangkan semua kerutan-kerutan halus di wajah. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, Anda dapat mengaplikasikan masker kuning telur minimal 1 kali selama dua minggu. Dengan penggunaan rutin, maka wajah Anda akan kembali berseri dan halus. (baca juga: 6 cara mencerahkan wajah secara alami yang aman bagi kulit)

Itulah beberapa manfaat kuning telur untuk wajah yang dapat Anda coba lakukan. Sebagai informasi, apabila kuning telur yang seharusnya digunakan untuk masker masih tersisa di wadah, maka simpanlah dalam lemari es. Setidaknya dengan menyimpan masker kuning telur dengan dalam suhu rendah akan membuat masker ini bertahan hingga 3 hari ke depan.

Cara di atas juga hanya berlaku untuk Anda yang tidak mengidap alergi kuning telur. Hal ini karena ada beberapa orang yang akan merasakan gatal-gatal atau bahkan malah muncul jerawat karena mengonsumsi kuning telur. Meskipun cara-cara yang dijelaskan di atas tidak dengan cara konsumsi langsung kuning telur, namun protein tinggi pada kuning telur akan memberikan dampak yang cukup serius bagi Anda yang alergi. Demikian sedikit ulasan tentang manfaat kuning telur untuk wajah. Semoga bermanfaat .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

78 − 74 =