Let’s travel together.

4 Persiapan Sebelum Tanning yang Wajib Anda Lakukan

0 3

Sebelum berjemur, perhatikan dulu persiapan yang ada di artikel ini untuk mendapatkan kulit sawo matang yang seksi tanpa pengaruh buruk sinar matahari.

Persiapan sebelum Anda melakukan tanning di pantai

1. Eksfoliasi kulit

Sebelum Anda melakukan kegiatan tanning atau mencokelatkan kulit, ada satu hal penting yang harus Anda lakukan, yaitu mengeksfoliasi kulit Anda. Mengapa hal ini penting? Agar sel kulit mati Anda berganti dengan sel kulit baru, sehingga tidak tertumpuk saat Anda melakukan tanning dan membuat warna kulit jadi tidak merata.

Exfoliating sendiri merupakan proses pengelupasan kulit. Pada umumnya sel kulit mati akan mengelupas dengan sendirinya dan berganti dengan sel kulit yang baru. Namun proses pengelupasan sel kulit mati dapat terjadi secara tidak bersamaan. Hal ini menyebabkan kulit tampak belang dan kusam.

Produk perawatan wajah yang mengandung bahan exfolian bertujuan untuk membuat proses pengelupasan kulit terjadi secara bersamaan sehingga kulit tampak bersih dan bercahaya. Selain dengan produk perawatan wajah, exfoliating juga dapat dilakukan dengan perawatan wajah berteknologi tinggi seperti mikrodermabrasi.

Pada umumnya setelah mengalami pengelupasan kulit wajah akan memerah dan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Dianjurkan untuk memakai tabir surya bila kulit sedang memerah dan sensitif. Lakukan eksfoliasi satu minggu sebelum Anda berjemur, jangan satu hari sebelum Anda pergi ke pantai. Kulit yang memerah karena eksfoliasi akan membaik setelah beberapa hari. Setelah itu kulit akan tampak lebih bersih dan bercahaya.

Apabila produk atau perawatan dilakukan sesuai dengan anjuran dokter, maka exfoliating aman untuk dilakukan. Namun perawatan mikrodermabrasi yang dilakukan terlalu sering dikhawatirkan dapat membuat kulit menjadi lebih tipis sehingga lebih sensitif. Konsultasikan pada dokter apabila anda ingin melakukan perawatan dengan teknologi tinggi. Apabila anda ingin menggunakan produk exfolian yang dijual bebas, sebaiknya anda memastikan produk tersebut terdaftar di BPOM dan mengandung bahan-bahan yang aman.

2. Lembapkan kulit Anda

Sebelum Anda berjemur untuk mendapatkan kulit coklat (sawo matang) yang banyak dianggap seksi, jangan lupa untuk menghidrasi kulit Anda dengan pelembab meskipun krim pelembab tidak melindungi kulit dari sinar matahari seperti tabir surya. Pelembap dapat membantu menjaga kulit agar tidak kering dan melindunginya dari cuaca atau faktor lingkungan yang dapat merusak kulit Anda. Selain itu, para ahli kecantikan juga menyatakan bahwa memberikan pelembap pada wajah juga dapat membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapan alaminya.

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, gunakanlah pelembap kulit yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane. Bahan-bahan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit kering, anti radang, pelindung kulit terhadap sinar matahari, dan tidak mengiritasi kulit. Sementara, untuk Anda yang memiliki  kulit normal, Anda dapat menggunakan pelembap dengan kandungan cylomethicone. Dan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan pelembap kulit dengan berbahan dasar air.

3. Penuhi kebutuhan vitamin E Anda

Sebelum Anda sibuk mengemas pakaian dan peralatan Anda untuk liburan ke pantai, pastikan dulu kebutuhan vitamin E Anda terpenuhi dengan baik. Mengapa vitamin E menjadi penting untuk Anda yang mau tanning? Kandungan antioksidan di dalam vitamin E membantu mengurangi efek berbahaya sinar matahari pada kulit.

Antioksidan ini juga penting dalam mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, vitamin ini ikut berperan dalam mengurangi keriput dan membantu kulit terasa halus. Vitamin ini dapat berbentuk losion, krim, atau serum. Untuk mengoptimalkan fungsi mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, lebih baik vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C. Yang patut diperhatikan adalah jangan sampai dosisnya melebihi 400 unit tiap hari.

Beberapa sumber vitamin E yang bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji gandum dalam produk sereal. Selain itu, vitamin ini bisa ditemukan dalam minyak tumbuhan, seperti minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak zaitun.

4. Perhatikan waktu Anda berjemur

Jika Anda ingin mendapatkan kulit sawo matang seksi, jangan pernah beranggapan bahwa Anda harus berjam-jam ada di bawah sinar matahari. Hal ini justru meningkatkan risiko Anda untuk mengalami kulit terbakar atau kanker kulit. Anda juga harus ingat, bahwa kulit Anda memiliki mekanisme tersendiri untuk melawan paparan matahari. Jangan lupa untuk tetap menggunakan tabir surya.

Untuk tabir surya, gunakanlah krim pelindung yang bertuliskan broad-spectrum. Tabir surya seperti ini biasanya memberikan pelindungan kulit terhadap sinar UVA dan UVB. Ingatlah untuk menggunakan tabir surya setidaknya dengan SPF 15.

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

83 − 76 =