11 Manfaat Telur Ayam Kampung dan Kandungan Nutrisinya

CuitanDokter.Com – Arikel tentang 11 Manfaat Telur Ayam Kampung dan Kandungan Nutrisinya tersedia di situs kami , waktu yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel 11 Manfaat Telur Ayam Kampung dan Kandungan Nutrisinya yaitu 5-10 menit , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai 11 Manfaat Telur Ayam Kampung dan Kandungan Nutrisinya kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

Telur ayam kampung dipercaya masyarakat umum sebagai penambah stamina dan meningkatkan kesehatan tubuh, namun bagaimana faktanya dalam dunia medis? Ketahui kandungan telur ayam kampung, manfaat telur ayam kampung, efek samping, dll.

manfaat-telur-ayam-kampung-doktersehat

Apa Itu Telur Ayam Kampung?

Telur ayam kampung adalah telur yang dihasilkan dari jenis ayam kampung. Ayam kampung adalah istilah yang diberikan untuk ayam-ayam yang dibesarkan dengan makanan alami seperti dedak, jagung, serangga, biji-bijian, nasi, dll.

Ayam kampung tidak diberikan bahan kimia apapun sehingga pertumbuhannya alami dan lebih lama dari pada ayam negeri. Sementara telur ayam kampung memiliki ciri-ciri dan bentuk yang jauh berbeda dengan telur ayam negeri yang biasa dikonsumsi untuk makanan sehari-hari.

Telur ayam kampung berukuran lebih kecil dan memiliki berat sekitar 26,27 gram sampai 55,4 gram per butir. Telur ayam kampung memiliki warna kulit putih. Jenis ayam kampung tersebut juga menentukan warna cangkang telurnya. Selain itu, telur ayam kampung dikatakan memiliki kandungan nutrisi yang lebih kaya daripada telur ayam negeri.

Kandungan Nutrisi Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung dipercaya sebagai penambah stamina alami karena memiliki kandungan nutrisi yang lebih menyehatkan dari telur biasa. Telur ayam kampung biasanya dikonsumsi secara mentah atau dicampur dengan jamu oleh sebagian besar masyarakat umum.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi telur ayam kampung yang dibandingkan dengan telur ayam negeri berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA), yaitu:

  • Sepertiga lebih sedikit kolesterol
  • Seperempat lebih sedikit lemak jenuh
  • Dua per tiga lebih banyak vitamin A
  • Asam lemak omega-3 dua kali lipat lebih banyak
  • Vitamin E tiga kali lebih banyak
  • Beta karoten tujuh kali lebih banyak
  • Mengandung vitamin D lebih banyak

Telur ayam kampung memiliki beberapa kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada telur ayam negeri, namun lingkungan pemeliharaan juga berpengaruh pada kandungan telur ayam. Para peneliti juga menemukan bahwa telur ayam negeri memiliki kandungan fosfor dan zinc yang lebih tinggi daripada telur ayam kampung.

Manfaat Telur Ayam Kampung

Berbeda dengan telur ayam negeri yang diolah untuk dikonsumsi, telur ayam kampung lebih sering dimanfaatkan sebagai obat alami untuk pencegahan penyakit tertentu, penambah stamina, atau pemeliharaan kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan, yaitu:

1. Rendah Kolesterol

Apabila Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, telur ayam kampung mungkin dapat menjadi alternatif pilihan makanan Anda. Rata-rata ayam negeri memiliki sekitar 423 miligram kolesterol per butir, sementara telur ayam kampung hanya mengandung sekitar 277 miligram kolesterol per butir.

Penting untuk menjaga level kolesterol tetap normal di tubuh. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri sehingga jantung akan lebih sulit bekerja untuk mengalirkan darah melalui arteri. Ini juga dapat memicu stroke dan serangan jantung akibat pembekuan darah.

2. Kaya Akan Vitamin D

Berdasarkan penelitian di tahun 2009, telur ayam kampung memiliki kandungan vitamin D sekitar 3-6 kali lebih tinggi dari pada telur ayam negeri biasa. Vitamin D adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat vitamin D adalah untuk mengatur kalsium dan menjaga kadar fosfor di dalam darah yang merupakan faktor esensial dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin D juga berperan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, mengatur kadar insulin, menjaga kesehatan kulit, dll.

3. Mengandung Nutrisi Seimbang

Manfaat telur ayam kampung selanjutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang dan vitamin untuk tubuh. Telur ayam kampung mungkin memiliki kelengkapan nutrisi melebihi jenis telur atau makanan lain.

Setiap butir telur ayam kampung mengandung sekitar 6 gram protein, 70 miligram asam lemak omega-3, kaya akan lutein dan zeaxanthin, vitamin A, vitamin D, vitamin E, kolin, dan beta karoten. Kombinasi berbagai nutrisi dan vitamin ini bermanfaat untuk mendukung fungsi memori, kesehatan sistem saraf, kulit, tulang, mata, dll.

4. Mendukung Kesehatan Otak

Telur mengandung makronutrien seperti kolin yang berperan untuk mendukung kesehatan otak. Kolin bertugas untuk membangun selaput sel yang mengirimkan pesan ke otak. Manfaat kolin adalah untuk meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan mengatasi masalah depresi.

Kolin juga berperan untuk  menghasilkan asetilkolin, yaitu zat pengantar neurotransmitter untuk menjaga fungsi otak, sistem saraf, kontrol otak, suasana hati, meningkatkan ingatan, dan fungsi penting otak lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Telur ayam kampung mengandung asam lemak omega-3 yang dua kali lipat lebih banyak dari jenis telur biasa. Manfaat asam lemak omega-3 adalah untuk menjaga kesehatan jantung dimana kandungan ini membantu mengatur trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tingginya kadar kolesterol jahat akan memicu penyakit jantung. Kolesterol jahat menimbun lemak di pembuluh darah sehingga aliran darah tidak lancar. Dalam kondisi yang lebih parah, endapan lemak akan pecah dan membentuk gumpalan pemicu serangan jantung dan stroke.

6. Mendukung Kesehatan Hati

Kolin adalah senyawa organik yang larut dalam air dan bukan termasuk vitamin atau mineral, melainkan makronutrien. Makronutrien kolin di dalam telur ayam kampung juga berperan untuk mendukung kesehatan liver.

Kolin berperan untuk membuang kolesterol dari liver. Kekurangan kadar kolin dalam tubuh dapat menumpuk lemak dan kolesterol, serta memicu penyakit hati berlemak. Jadi, manfaat telur ayam kampung sangat baik untuk kesehatan liver Anda.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Telur ayam kampung mengandung lutein dan zeaxanthin yang berperan untuk membantu menjaga kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin dibutuhkan sebagai antioksidan aktif yang hidup di sekitar retina.

Lutein dan zeaxanthin termasuk dalam jenis karotenoid untuk membantu mata melakukan filter spektrum ultraviolet dan sinar biru berenergi tinggi. Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung dua per tiga lebih banyak vitamin A dari telur ayam negeri yang juga berperan untuk mendukung kesehatan mata.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Telur ayam kampung mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam kadar tinggi. Jenis-jenis vitamin ini adalah vitamin esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin A berperan dalam perbaikan sel-sel kulit yang rusak dan vitamin C bermanfaat untuk produksi kolagen alami untuk pertahanan dan kesehatan kulit.

Sementara vitamin E memberikan perlindungan sel dari bahaya stres oksidatif. Ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini, menyembuhkan bekas luka, dan memperbaiki kondisi kulit Anda.

9. Kaya Akan Protein

Telur mengandung protein tinggi. Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein. Manfaat protein adalah untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta memproduksi enzim dan hormon. Protein juga dibutuhkan untuk membentuk massa otot, tulang, kulit, dan darah.

Baca Juga: 17 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi!

10. Mengandung Vitamin Lengkap

Telur ayam kampung mengandung hampir semua vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu:

  • Vitamin A
  • Vitamin B2
  • Vitamin B5
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Fosfor
  • Folat
  • Selenium

Apabila Anda sedang mencari alternatif makanan enak dengan vitamin lengkap dan mudah diolah, Anda disarankan untuk memilih telur ayam kampung.

11. Menu Sarapan Sehat

Telur ayam kampung dapat menjadi alternatif menu sarapan sehat untuk Anda dan keluarga. Telur ayam kampung mudah didapatkan dan juga mudah diolah serta rasanya enak.

Kandungan lengkap vitamin dan nutrisi di telur ayam kampung juga cocok untuk persiapan energi di pagi hari dan tetap kenyang hingga jam makan siang karena ini mengandung protein dan lemak sehat.

Peringatan Konsumsi Telur Ayam Kampung

Terdapat risiko keracunan bakteri Salmonella dari telur ayam kampung yang diperingatkan oleh Centers of Disease Control and Prevention.

Paparan Salmonella dikhawatirkan terjadi saat penanganan telur ayam kampung dari ayam kampung yang dibesarkan secara alami dimana ayam-ayam bertelur di lantai kandang, bukan di dalam kotak sarang.

Bakteri Salmonella terbentuk di cangkang yang kemudian mungkin dipaparkan oleh tangan peternak yang mengumpulkan telur-telur lainnya yang sudah terpapar feses ayam. Mencuci telur ayam kampung tidak sepenuhnya menghilangkan bakteri Salmonella.

Selain itu, kebanyakan orang mengonsumsi telur ayam kampung secara mentah dimana bakteri Salmonella mungkin berkembang di dalamnya. Salmonella adalah bakteri berbahaya yang menyebabkan keracunan makanan bila dikonsumsi. Gejala keracunan makanan termasuk kram perut, diare, mual, demam, dan pusing.

Terdapat berbagai manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan, namun disarankan untuk tidak memakan telur setengah matang atau mentah, terutama untuk anak kecil, wanita hamil, orang tua, dan orang-orang yang memiliki sistem imun lemah.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

  1. Barrell, Amanda. 2020. What to know about free-range eggs. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327423.php. (Diakses pada 12 Februari 2020).
  2. Dr. Nuzum. 2020. 6 Health Benefits of Organic Eggs. https://www.drnuzum.com/articles/6-health-benefits-of-organic-eggs/. (Diakses pada 12 Februari 2020).
  3. Seal, Jann. 2019. What Are the Health Benefits of Free-Range Hens’ Eggs?. https://homeguides.sfgate.com/health-benefits-freerange-hens-eggs-79219.html. (Diakses pada 12 Februari 2020).
  4. Worthy, Paige. 2018. 6 Reasons You Should Be Buying Free-Range Eggs. https://www.delish.com/food-news/a21101411/6-reasons-you-should-be-buying-free-range-eggs/. (Diakses pada 12 Februari 2020).
  5. Alterman, Tabitha. 2009. More Great News About Free-Range Eggs. https://www.motherearthnews.com/natural-health/free-range-eggs-zmaz09fmzraw. (Diakses pada 12 Februari 2020).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/manfaat-telur-ayam-kampung/