Let’s travel together.

11 Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan dan Cara Menggunakannya

0 3

CuitanDokter.Com – Arikel tentang 11 Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan dan Cara Menggunakannya tersedia di situs kami , waktu yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel 11 Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan dan Cara Menggunakannya yaitu 5-10 menit , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai 11 Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan dan Cara Menggunakannya kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

Terdapat beberapa manfaat rosehip oil untuk kecantikan yang mungkin belum Anda ketahui. Minyak rosehip mengandung sumber antioksidan yang kuat untuk mengatasi sejumlah gangguan kulit. Ketahui manfaat minyak rosehip, kandungan, efek samping, dan cara menggunakannya.

manfaat-rosehip-oil-doktersehat

Apa Itu Minyak Rosehip?

Minyak rosehip atau rosehip oil adalah minyak esensial dari biji buah rosehip. Rosehip adalah bagian buah dari bunga mawar liar yang bernama Rosa canina. Jenis bunga mawar ini biasanya tumbuh dan dibudidayakan di negara-negara Eropa, Afrika, dan Asia.

Minyak rosehip memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang kuat. Berbagai kandungan tersebut dipercaya efektif untuk mengatasi gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering, hingga peradangan. Berbagai produsen kosmetik pun memproduksi produk kecantikan dengan bahan dasar minyak rosehip ini, seperti pembersih wajah dan penghapus make up.

Kandungan Rosehip Oil 

Ketahui apa saja kandungan rosehip oil, sebagai berikut:

  • Vitamin A (retinol)
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Asam lemak esensial
  • Asam linoleat
  • Antioksidan
  • Efek antiinflamasi
  • Efek anti penuaan dini
  • Antibakteri
  • Antivirus
  • Antijamur
  • Likopen
  • Betakaroten
  • Polifenol
  • Antosianin

Minyak rosehip memiliki berbagai nutrisi dan vitamin yang bagus untuk kulit. Tidak heran terdapat berbagai potensi manfaat minyak rosehip untuk kulit dan kecantikan. Minyak rosehip juga mengandung asam lemak esensial untuk memelihara kesehatan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan

Berbagai produk kecantikan menggunakan bahan dasar rosehip oil untuk toner pembersih wajah, pelembap, dan pembersih make up. Apa saja manfaat rosehip oil? Berikut ini penjelasan lengkap tentang minyak esensial dari biji bunga mawar ini!

1. Melembapkan Wajah

Kulit kering adalah masalah kulit umum akibat lapisan terluar kulit (epidermis) tidak mendapat cukup asupan air. Gejala kulit kering adalah kulit pecah-pecah, berkerang, dan gatal. Kondisi ini terjadi akibat beberapa faktor seperti paparan sinar UV, penggunaan produk kosmetik yang salah, dan lainnya.

Rosehip mengandung asam lemak esensial, mineral, dan vitamin C untuk membantu melembapkan kulit. Berdasarkan penelitian di tahun 2018, rosehip dan beberapa minyak esensial lainnya memiliki potensi untuk memperbaiki kulit, mengatasi kulit kering, serta perawatan kulit alami.

2. Menghidrasi Kulit

Tahukah Anda bahwa kulit bisa saja kurang terhidrasi karena pengaruh cuaca, faktor usia, dan lingkungan? Kurangnya hidrasi pada kulit akan memicu kulit kering, kasar, dan seperti berkerak. Kulit juga jadi terlihat kusam dan tidak sehat.

Anda dapat menggunakan rosehip oil sebagai alternatif agar kulit terhidrasi dengan baik. Rosehip oil menganduk asam lemak esensial, termasuk asam linoleat dan asam linolenat untuk membuat kulit jadi lembut, sehat, dan kenyal. Kandungan antioksidannya juga menutrisi kulit hingga ke lapisan dalam kulit.

3. Membersihkan Bekas Luka

Manfaat rosehip oil selanjutnya adalah untuk mengatasi bekas luka dan garis-garis halus yang umumnya timbul di wajah. Rosehip oil mengandung antioksidan dan asam lemak esensial untuk meregenerasi kulit mati, menyamarkan garis-garis halus, serta membantu mengatasi bekas luka atau bintik-bintik hitam di wajah.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2015, bubuk rosehip dapat mengurangi garis-garis halus di sekitar mata. Penelitian lain juga menunjukan bahwa mengaplikasikan rosehip oil topikal dua hari sekali selama 12 minggu dapat mengatasi bekas luka pasca operasi.

4. Mengatasi Paparan Sinar UV

Rosehip oil memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang merupakan kandungan yang bagus untuk kesehatan kulit. Kombinasi vitamin ini berperan sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan kulit dan kulit terbakar akibat paparan sinar UV.

Berdasarkan penelitian di tahun 2011, vitamin C juga dapat mencegah bintik-bintik penuaan sekaligus masalah kulit yang sering terpapar sinar UV berlebihan. Walaupun demikian, rosehip oil tidak dapat menggantikan efektivitas tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Baca Juga: 15 Manfaat Baby Oil bagi Orang Dewasa (No. 14 Tak Disangka)

5. Membantu Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana tubuh Anda memiliki kadar melanin lebih banyak yang menyebabkan warna kulit Anda menjadi lebih gelap dari kondisi normal. Melanin adalah zat alami di tubuh yang memproduksi warna kulit atau pigmen. Hiperpigmentasi membentuk bintik-bintik gelap atau bercak-bercak di kulit Anda.

Salah satu cara mengurangi hiperpigmentasi adalah dengan mengaplikasikan rosehip oil. Rosehip oil memiliki kandungan vitamin A, likopen, beta karoten, dan retinol yang bersifat sebagai pencerah atau pemutih kulit alami. Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut tentang manfaat rosehip oil untuk kecantikan ini masih dibutuhkan.

6. Merawat Kulit Berjerawat

Minyak rosehip mengandung retinoid yaitu kelompok struktur dari vitamin A yang bermanfaat untuk merawat kulit berjerawat dan mencegah jerawat. Retinoid berperan untuk mengatur regenerasi kulit sehingga mengelupas kulit-kulit mati yang memicu jerawat. Ini juga dapat mencegah penyumbatan folikel rambut penyebab komedo dan mengurangi peradangan kulit.

Sebuah uji klinis yang dilakukan pada tahun 2012 dilakukan pada sekelompok orang yang menggunakan obat anti jerawat dengan kandungan minyak rosehip dan minyak nabati kaya retinoid lainnya. Hasilnya, lesi jerawat berkurang secara signifikan. Penelitian tersebut juga menunjukan pengurangan peradangan kulit akibat jerawat.

7. Mengatasi Keriput

Kulit keriput adalah salah satu tanda-tanda penuaan akibat faktor usia atau tingkat stres yang tinggi. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan rosehip oil. Rosehip oil mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antiinflamasi yang berperan sebagai agen anti penuaan alami.

Rosehip oil juga termasuk sumber antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas yang membuat penuaan dini pada kulit Anda. Selain itu, kombinasi nutrisi dan vitamin alami pada rosehip oil memiliki potensi untuk mengatasi pigmentasi dan memperbaiki kerusakan kulit sehingga kulit Anda selalu tampak lebih muda.

8. Mencerahkan Kulit

Kulit kusam mungkin menjadi masalah umum sebagian besar orang yang kemudian berpengaruh pada penurunan tingkat kepercayaan diri. Anda banyak produk kecantikan yang menjanjikan kulit Anda cerah dalam beberapa minggu, namun belum terbukti. Anda dapat beralih menggunakan minyak esensial alami untuk mencerahkan kulit, salah satunya adalah minyak esensial rosehip.

Minyak rosehip adalah sumber vitamin C yang kuat. Vitamin C sangat baik untuk mengatasi berbagai kerusakan kulit, termasuk kulit kusam, penuaan dini, keriput, dan noda hitam. Manfaat vitamin C lainnya adalah untuk membersihkan bakteri, regenerasi kulit, dan mengatasi kerusakan kulit dari dalam sehingga kulit jadi cerah dari biasanya.

9. Meningkatkan Kolagen pada Kulit

Tahukah apa itu kolagen? Kolagen adalah protein yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu fungsi kolagen adalah sebagai struktur pembentuk kulit. Sayangnya, produksi kolagen alami dalam tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia.

Salah satu cara untuk membentuk kolagen adalah dengan konsumsi sayur, buah, atau mengaplikasikan minyak esensial seperti minyak rosehip. Selain itu, vitamin A dan vitamin C alami dari minyak rosehip juga memproduksi kolagen untuk kesehatan kulit Anda.

10. Mengatasi Peradangan Kulit

Peradangan kulit adalah reaksi alami yang terjadi saat kulit Anda mengalami gangguan kulit atau iritasi. Kandungan vitamin E, polifenol, antosianin, dan antioksidan dari minyak rosehip dapat membantu mengatasi peradangan kulit. Selain itu, minyak rosehip dipercaya dapat mengatasi iritasi akibat rosacea, psoriasis, eksim, dan infeksi kulit lainnya.

11. Menghapus Make Up

Sekarang ini banyak sekali produk kosmetik untuk menghapus makeup atau make up remover. Bila Anda ingin alternatif lain, Anda dapat menggunakan penghapus makeup tradisional dari minyak rosehip. Minyak rosehip alami tidak akan membuat kulit Anda jadi kering atau alergi.

Selain itu, minyak rosehip juga memiliki potensi untuk membersihkan makeup yang tahan air (waterproof) seperti maskara, eyeliner, atau alas bedak yang tahan lama. Bila Anda kesulitan mencari pembersih make up yang benar-benar bersih, rosehip oil mungkin menjadi pilihan Anda.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Biji Anggur (Grapeseed Oil) untuk Kecantikan Kulit

Cara Menggunakan Rosehip Oil

Setelah mengetahui manfaat rosehip oil, Anda mungkin ingin tahu bagaimana cara menggunakan rosehip oil ini. Minyak rosehip sangat mudah diserap kulit. Berikut ini cara menggunakannya:

  • Oleskan sedikit minyak rosehip ke bagian kulit tangan, untuk mencoba terlebih dahulu apakah Anda cocok atau tidak dengan minyak esensial ini.
  • Periksa apakah ada tanda-tanda alergi setelah 24 jam atau lebih.
  • Bila ada gejala alergi, hentikan penggunaan. Bila tidak, artinya minyak rosehip aman untuk kulit Anda.
  • Anda dapat menggunakan minyak rosehip dua kali sehari untuk perawatan kulit wajah, baik secara langsung atau mengoleskannya dengan kapas.
  • Anda juga dapat mencampurnya dengan minyak esensial lain.

Sebenarnya, minyak rosehip aman untuk segala jenis kulit namun lebih baik Anda mencobanya terlebih dahulu di kulit tangan untuk mengurangi efek samping atau risiko alergi. Selain itu, simpan minyak rosehip di tempat yang sejuk, gelap, atau di lemari es. Minyak rosehip akan mudah berbau tengik bila tidak disimpan dengan benar.

Efek Samping Rosehip Oil 

Berikut ini risiko efek samping rosehip oil yang mungkin terjadi:

  • Reaksi alergi kulit
  • Kulit merah
  • Gatal
  • Bengkak

Walaupun aman untuk jenis kulit apapun, reaksi alergi mungkin saja terjadi. Apabila Anda menggunakannya untuk pertama kali, harap mencobanya beberapa tetes di kulit telapak tangan untuk memastikan bahwa kulit Anda dapat mentolerir konsentrasi dan kandungan minyak esensial tersebut.

Itulah pembahasan lengkap tentang manfaat rosehip oil. Rosehip oil telah lama digunakan sebagai aromaterapi dan produk kecantikan. Studi ilmiah tentang efektivitas minyak rosehip untuk kesehatan dan kecantikan juga masih dikembangkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Eko Budidharmaja.

 

  1. Villines, Zawn. 2019. Rosehip oil: Benefits and how to use it on the face. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326931. (Diakses pada 16 April 2020).
  2. Jay, Kitty. 2018. 9 Ways to Use Rosehip Oil for Your Face. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/rosehip-oil-for-face. (Diakses pada 16 April 2020).
  3. Quinn, Daley. 2018. 8 Benefits of Rosehip Oil For Your Skin. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a25179864/benefits-of-rosehip-oil/. (Diakses pada 16 April 2020).
  4. Rile, Kris. 2018. 7 Amazing Benefits of Adding Rosehip Oil to Your Skincare Routine. https://www.goodhousekeeping.com/health/a20706831/rosehip-oil-benefits/. (Diakses pada 16 April 2020).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/manfaat-rosehip-oil/

Leave A Reply

Your email address will not be published.