11 Manfaat Blewah untuk Kesehatan (No. 6 & 7 Terbaik)

CuitanDokter.Com – Arikel tentang 11 Manfaat Blewah untuk Kesehatan (No. 6 & 7 Terbaik) tersedia di situs kami , waktu yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel 11 Manfaat Blewah untuk Kesehatan (No. 6 & 7 Terbaik) yaitu 5-10 menit , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai 11 Manfaat Blewah untuk Kesehatan (No. 6 & 7 Terbaik) kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Utamanya di momen-momen tertentu seperti bulan Ramadhan, blewah menjadi salah satu makanan yang hampir setiap hari dikonsumsi oleh banyak orang (mungkin termasuk Anda salah satunya). Sama seperti buah-buahan lainnya, blewah juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, lho! Apa saja manfaat blewah untuk kesehatan?

manfaat-blewah-doktersehat

Blewah dan Kandungan Nutrisinya

Blewah adalah buah yang masih berkerabat dengan melon. Buah dengan nama ilmiah Cucumis melo var. cantalupensis ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Seperti yang telah disebutkan di atas, blewah menjadi salah satu buah yang umum dikonsumsi terutama saat bulan Ramadhan. Rasanya yang segar menjadikan buah ini santapan yang ideal untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Selain melepas dahaga, blewah juga tentunya memiliki sejumlah manfaat penting lainnya bagi tubuh. Hal ini tidak lepas dari kandungan berbagai nutrisi di dalamnya. Setiap 100 gram blewah diklaim mengandung:

  • Karbohidrat (8 gram)
  • Protein (0,8 gram)
  • Serat pangan (0,9 gram)
  • Kalium (267 miligram)
  • Kalsium (9 miligram)
  • Magnesium (12 miligram)
  • Zat besi (0,2 miligram)
  • Natrium (16 miligram)
  • Vitamin A (3,38 IU)
  • Vitamin B6 (0,1 miligram)
  • Vitamin C (36,7 miligram)

Selain itu, buah ini juga diperkaya oleh senyawa antioksidan yang meliputi:

  • Beta karoten
  • Lutein
  • Zeaxanthin
  • Choline

Manfaat Blewah untuk Kesehatan

Lantas, apa saja manfaat blewah untuk menunjang kesehatan tubuh Anda? Simak infomrasi buah blewah dan manfaatnya berikut ini, yuk!

1. Mencegah Asma

Manfaat buah blewah untuk kesehatan yang pertama adalah bisa mencegah (atau setidaknya meminimalisir) Anda dari penyakit gangguan pernapasan berupa asma.

Khasiat buah blewah yang satu ini dihasilkan oleh vitamin A yang terkandung di dalamnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa beta karoten, senyawa antioksidan yang menjadi salah satu elemen vitamin A, efektif dalam merawat sistem pernapasan dan mencegah terjadinya masalah asma di kemudian hari.

2. Merawat Kesehatan Sistem Pencernaan

Merawat kesehatan sistem pencernaan agar senantiasa berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai masalah seperti susah buang air besar (BAB) alias sembelit menjadi manfaat blewah selanjutnya yang bisa Anda dapatkan.

Pasalnya, buah ini kaya akan kandungan serat di dalamnya. Sebagaimana kita ketahui, serat adalah zat yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena perannya yang sangat penting yakni memastikan sistem pencernaan dapat bekerja optimal.

3. Mencegah Dehidrasi

Ada alasan yang cukup logis mengapa blewah menjadi salah satu hidangan pilihan saat berbuka puasa. Ya, buah ini efektif untuk melepas dahaga dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama Anda menjalankan ibadah tahunan tersebut.

Buah blewah dan manfaatnya yang satu ini dikarenakan kandungan air yang berlimpah. Pada setiap 177 gram blewah, terdapat sekiranya 160-gram air di dalamnya. Itu sebabnya, blewah efektif untuk menjaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Blewah juga diperkaya oleh mineral potasium. Adanya potasium pada lantas menghasilkan manfaat buah blewah untuk menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, risiko Anda untuk mengalami penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung dapat diminimalisir.

American Heart Association (AHA)—dilansir dari Medical News Today—sendiri merekomendasikan setidaknya 4,700 miligram potasium per hari jika ingin organ kardiovaskular tetap sehat, dan 1 (satu) gelas blewah mengandung tidak kurang dari 473 miligram yang artinya dengan mengonsumsi buah ini, Anda sudah memenuhi 10 persen dari total kebutuhan potasium harian.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan senyawa antioksidan (lutein dan zeaxanthin) menjadikan blewah buah yang patut Anda konsumsi jika ingin memiliki mata yang sehat.

Menurut banyak ahli medis, adanya zat-zat ini membantu mencegah mata dari kerusakan yang bisa berujung pada kondisi yang disebut sebagai degenerasi makular.

Baca Juga: 11 Manfaat Kedondong bagi Kesehatan

6. Merawat Kesehatan Kulit dan Rambut

Masih dari kandungan vitamin A yang dimilikinya, manfaat buah blewah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu pertumbuhan jaringan kulit dan juga rambut.

Tak hanya vitamin A, sebuah studi yang dirilis pada tahun 2019 menyebutkan jika manfaat blewah untuk kesehatan kulit dan rambut ini juga atas peran dari kandungan zat lainnya yaitu:

  • Vitamin B, C, E
  • Folat 
  • Selenium
  • Zink
  • Zat besi

7. Mencegah Kanker

Blewah diperkaya oleh senyawa antioksidan yakni beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan choline. Adanya zat-zat antioksidan tersebut membuat buah ini dipercaya dapat mencegah—atau setidaknya meminimalisir—terjadinya penyakit kanker.

Pasalnya, zat antioksidan berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas sebagai pemicu utama terjadinya kerusakan sel yang berujung pada tumbuh dan berkembangnya sel kanker.

8. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Air adalah kandungan utama blewah. Bayangkan saja, 90 persen dari total kandungan buah ini adalah air. Melimpahnya air di dalam blewah lantas berbanding terbalik dengan kadar glikemik yang dimilikinya.

Hal ini menjadikan blewah sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit diabetes. Mengonsumsi blewah membantu penderita diabetes untuk lebih bisa mengontrol kadar gula darah di dalam tubuhnya.

9. Menjaga Kesehatan Ginjal

Melimpahnya kandungan air di dalam blewah juga menjadikan buah ini dapat membantu menjaga kesehatan organ ginjal Anda.

Pasalnya, tubuh yang kekurangan cairan alias dehidrasi akan berdampak pula pada terganggunya kinerja ginjal. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini tentu saja berpotensi merusak organ pengolah limbah tubuh tersebut.

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Memperkuat sistem kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi blewah secara rutin. Mengapa? Karena buah ini diperkaya oleh vitamin A dan vitamin C yang mana kedua vitamin ini sudah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan kinerja imun tubuh.

Dengan mengonsumsi blewah, sistem kekebalan tubuh Anda diharapkan akan semakin ‘tangguh’ sehingga tubuh pun tidak mudah terserang penyakit.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda yang saat ini sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan juga sebaiknya turut memasukkan blewah ke dalam daftar menu sehat sehari-hari.

Manfaat blewah untuk menurunkan berat badan ini dikarenakan adanya kandungan serat di dalamnya. Sebagaimana kita ketahui, serat efektif untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga frekuensi makan bisa ditekan dan berat badan menjadi terkendali.

Beragam Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Ini Dia Cara Mengolahnya!

Tidak melulu harus menunggu bulan puasa untuk merasakan segarnya buah blewah dan manfaatnya. Anda bisa mengonsumsi buah ini kapan saja demi menunjang gaya hidup sehat.

Blewah bisa dikonsumsi secara langsung, pun diolah menjadi berbagai hidangan yang tidak kalah nikmat seperti:

  • Jus
  • Smoothie
  • Salad
  • Sorbet

Perlu diketahui juga, bahwa semua manfaat blewah ini tidak bisa dijadikan satu-satunya andalan. Anda juga harus tetap mengonsumsi makanan sehat lainnya, pun mengimbanginya dengan aktivitas seperti olahraga dan banyak minum air putih. Berkonsultasilah dengan dokter perihal kebutuhan gizi yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Antonius Hapindra Kasim

 

  1. Anonim. Health Benefits of Cantaloupes. https://www.webmd.com/food-recipes/cantaloupe-health-benefits (Diakses pada 3 Februari 2020)
  2. McDermott, A. 2019. 7 Health Benefits of Eating Cantaloupe. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-cantaloupe (Diakses pada 3 Februari 2020)
  3. Szalay, J. 2018. Cantaloupes: Health Benefits & Nutrition Facts. https://www.livescience.com/54475-cantaloupe-nutrition.html (Diakses pada 3 Februari 2020)
  4. Ware, M. 2019. Everything you need to know about cantaloupe. https://www.medicalnewstoday.com/articles/279176.php (Diakses pada 3 Februari 2020)

Artikel Asli :https://doktersehat.com/manfaat-blewah/