10 Cara Menghilangkan Lemak di Paha (Alami dan Medis)

CuitanDokter.Com – Arikel tentang 10 Cara Menghilangkan Lemak di Paha (Alami dan Medis) tersedia di situs kami , waktu yang dibutuhkan untuk membaca tentang artikel 10 Cara Menghilangkan Lemak di Paha (Alami dan Medis) yaitu 5-10 menit , jangan sungkan untuk berbagi artikel mengenai 10 Cara Menghilangkan Lemak di Paha (Alami dan Medis) kepada teman anda ataupun sosial media yang anda punya , terimakasih .

Apakah Anda sedang mencari cara paling efektif untuk membuat paha menjadi lebih ramping, kencang, dan kuat? Berikut ini adalah cara menghilangkan lemak di paha dan betis mulai dari metode alami, medis, hingga operasi dalam artikel ini.

cara-menghilangkan-lemak-di-paha-doktersehat

Cara Menghilangkan Lemak di Paha Secara Alami

Paha adalah salah satu bagian tubuh yang mudah menimbun lemak. Kondisi ini mungkin mengganggu beberapa orang karena bentuk paha menjadi tidak kencang dan bergelambir.

Jangan khawatir karena terdapat beberapa cara menghilangkan lemak di paha dan bokong dengan alami mulai dari olahraga, diet, dan penerapan pola hidup sehat.

Mengatasi Lemak Paha dengan Olahraga

Berikut ini adalah cara menghilangkan lemak di paha dan betis dengan gerakan-gerakan yang difokuskan untuk seluruh otot kaki, yaitu:

1. Latihan Kekuatan

Salah satu jenis olahraga untuk mengencangkan otot kaki termasuk bagian paha dan betis adalah latihan kekuatan atau strength training. Latihan ini dapat membakar kalori serta mengurangi massa lemak dan mentransformasinya menjadi massa otot.

Contoh latihan kekuatan untuk tubuh bagian bawah adalah squat dengan overhead shoulder press, lunges, wall sits, leg curl, leg press, mengangkat paha bagian dalam atau luar, step-ups dengan berat badan Anda.

Anda dianjurkan untuk melakukan latihan dengan resistensi dan repetisi tinggi, setidaknya 15 repetisi per set. Anda juga dapat melakukan berbagai gerakan tersebut dengan tambahan angkat dumbell untuk olahraga bagian tubuh atas.

2. Latihan Intensitas Tinggi Kardio

HIIT (high-intensity-interval-training) atau latihan intensitas tinggi adalah jenis olahraga paling efektif untuk mengurangi lemak tubuh. Manfaat kardio adalah untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung.

Contoh latihan kardio adalah lari, berenang, kelas aerobik, menari, bermain ski, hiking, spinning, dan kickboxing. Anda juga dapat menggunakan mesin kardio di tempat gym seperti treadmill, stair mill, airdyne, rowing machine, spin bike, recumbent bike, dll.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan latihan kardio dilakukan minimal selama 150 menit untuk intensitas sedang dan 75 menit resistensi tinggi setiap minggu untuk kebugaran total.

3. Bodyweight Squats

Squats adalah gerakan yang menargetkan otot kaki dan otot bokong. Manfaat squats adalah untuk mengencangkan otot paha dan betis, membesarkan bokong, menguatkan otot kaki, serta membakar kalori secara keseluruhan.

Anda dianjurkan untuk melakukan latihan squats tanpa dumbell atau barbel sebanyak 25 repetisi untuk 2 set per hari. Latihan ini cukup menyenangkan dan dapat dilakukan dimana saja. Ketahui cara melakukan latihan squats pada artikel ini.

Mengatasi Lemak Paha dengan Diet Sehat

Berikut ini cara menghilangkan lemak di paha dan betis dengan diet dan penerapan pola hidup sehat, yaitu:

1. Kurangi Asupan Kalori

Selain membakar kalori dengan olahraga, Anda juga disarankan untuk membatasi asupan kalori.

Asupan kalori yang dianjurkan adalah 1.200 kalori per hari. Jika melebihi kadar tersebut, Anda mungkin akan menimbunnya menjadi lemak yang disimpan di perut, paha, atau lengan.

Anda mungkin juga harus menghitung nilai gizi dalam menu makanan untuk melacak jumlah asupan kalori dan gula. Ini akan membantu untuk mengatur diet, namun Anda mungkin harus berkonsultasi ke dokter terutama bila Anda memiliki kondisi medis tertentu.

2. Cukupi Air Putih

Minum cukup air putih adalah kebutuhan esensial bagi tubuh tubuh semua fungsi dan proses organ tubuh. Manfaat air putih juga untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh Anda tetap fit dalam bentuk ideal.

Anda harus menyesuaikan asupan air putih sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas Anda. Orang dewasa disarankan untuk minum sekitar 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air per hari untuk semua manfaat kesehatan.

Olahraga dan mengatur pola makan sehat secara rutin adalah cara diet paling efektif yang dapat Anda lakukan, bukan hanya menghilangkan lemak di paha, namun juga di perut, pinggul, betis, dan lengan.

Baca Juga: 3 Menu Diet Hari Pertama untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Menghilangkan Lemak di Paha Secara Medis Non Bedah

Apabila Anda lebih memilih untuk mengencangkan paha secara medis, berikut ini adalah prosedur non bedah yang dapat digunakan:

1. Coolsculpting

Coolsculpting adalah prosedur untuk menghancurkan sel-sel lemak dengan metode pembekuan lemak menggunakan pendingin terkontrol. Coolsculpting telah disetujui oleh FDA dan hanya dapat dilakukan oleh tenaga medis yang memiliki lisensi.

Prosedur ini hanya memakan waktu sekitar 1 jam, namun hasilnya baru terlihat dalam 3-12 minggu dan tetap membutuhkan perawatan setelahnya.

2. Zerona

Zerona adalah prosedur menghancurkan lemak dengan terapi laser tingkat rendah dan suhu dingin. Terapi ditargetkan untuk lemak di sekitar area pinggul, pinggang, dan paha agar pori-pori terbuka dan lemak keluar.

Prosedur ini tidak menyakitkan, namun orang yang melakukannya membutuhkan berbagai perawatan lanjutan untuk mempertahankan hasilnya.

3. UltraShape

Ultrashape adalah prosedur yang digunakan untuk mengatasi lemak di perut, pinggul, lengan, dan paha dengan teknologi ultrasound atau gelombang suara yang disetujui FDA. Prosedur ini membutuhkan perawatan lanjutan untuk hasil maksimal.

Berbagai cara menghilangkan lemak di paha dan bokong secara medis non bedah tersebut membutuhkan biaya yang cukup mahal, serta beberapa efek samping mungkin terjadi setelahnya.

Baca Juga: 6 Latihan Full Body yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Cara Menghilangkan Lemak di Paha dengan Metode Operasi

Berikut ini adalah pilihan metode operasi untuk mengatasi lemak tubuh, yaitu:

1. Sedot Lemak (Liposuction)

Sedot lemak atau liposuction merupakan cara cepat dan instan untuk menghilangkan lemak tubuh. Sedot lemak adalah operasi untuk mengangkat atau menyedot lemak dari bagian tubuh yang dipenuhi lemak.

Seperti metode operasi lainnya, operasi sedot lemak harus dilakukan oleh tenaga medis profesional. Orang yang ingin melakukan operasi ini juga harus melakukan pemeriksaan medis dan serangkaian prosedur sebelum dan setelah operasi sedot lemak.

2. Thigh Lift

Thigh Lift atau dalam istilah medis disebut dengan thighplasty adalah pembedahan untuk mengeluarkan lemak atau pengencangan paha dengan cara menyedot lemak. Thigh lift juga digunakan untuk mengatasi kulit yang bergelambir dengan beberapa tindakan medis seperti memotong dan mengangkat kulit bagian paha.

Metode ini dinilai efektif dan cepat dalam mengatasi kelebihan lemak dan kulit, namun terdapat beberapa risiko yang mungkin terjadi seperti bengkak, pendarahan, perubahan sensasi kulit, nyeri, hingga mungkin hasil bentuk paha yang tidak simetris.

Selain itu, metode operasi ini hanya dapat dilakukan dengan ahli bedah profesional dan biaya yang cukup tinggi.

Itulah beberapa rekomendasi cara menghilangkan lemak di paha dan bokong baik secara alami dan metode medis. Apapun cara yang Anda pilih, menjaga bentuk tubuh dengan berolahraga serta menjaga pola makan dan hidup sehat adalah metode paling esensial dan efektif.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Antonius Hapindra Kasim.

  1. Cherney, Kristeen. 2018. How to Lose Leg Fat. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/how-to-lose-leg-fat#1. (Diakses pada 4 Februari 2020).
  2. Lindberg, Sara. 2018. 10 Ways to Tone and Strengthen Your Thighs. https://www.healthline.com/health/how-to-get-smaller-thighs. (Diakses pada 4 Februari 2020).
  3. Frey, Malia. 2019. How to Lose Thigh Fat With Medical and Natural Methods. https://www.verywellfit.com/how-to-lose-thigh-fat-4145065. (Diakses pada 4 Februari 2020).
  4. Adams, Alex. 2015. 9 Super Quick Ways To Get Rid Of Thigh Fat. https://www.vixendaily.com/fitness/lose-thigh-fat/. (Diakses pada 4 Februari 2020).

Artikel Asli :https://doktersehat.com/cara-menghilangkan-lemak-di-paha/